Analisis Kendala Pembelajaran Biologi di SMAS St. Petrus Kewapante pada Masa Pandemi Covid-19

Yosefina Ngongo, Yohanes Bare, Mansur S

Abstract


Pandemi covid-19 berdampak terhadap berbagai bidang kehidupan masyarakat Indonesia salah satunya dunia pendidikan, sehingga pemerintah mengambil kebijakan untuk membatasi aktivitas manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dialami peserta didik pada pembelajaran biologi di SMAS St. Petrus Kewapante pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif, faktual, akurat dan sistematis dari setiap masalah yang akan dideskripsikan dalam bentuk kata–kata. Sumber data dalam penelitian yaitu guru mata pelajaran biologi dan peserta didik kelas XI dan XII MIPA SMAS St. Petrus Kewapante yang merupakan narasumber utama bagi peneliti dalam mendapatkan informasi atau data mengenai kendala dan solusi dalam kegiatan pembelajaran biologi di masa pandemi covid-19. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, kendala yang dialami peserta didik berbeda-beda diantaranya : aspek pemahaman : 2,94 termasuk kategori baik, aspek kuota internet atau jaringan : 2,70 termasuk kategori baik, aspek pelaksanaan : 2,29 masuk kategori tidak baik, aspek pembelajaran : 3,0 masuk kategori baik dan aspek media pembelajaran 2,5 masuk dalam kategori tidak baik. Kendala-kendala yang dialami peserta didik pada pembelajaran biologi pada masa pandemi covid-19 membuat pembelajaran tidak maksimal, sehingga dengan adanya penelitian ini diharapkan memiliki konsribusi sebagai evaluasi maupun bahan acuan agar pembelajaran kedepannya lebih baik.


Keywords


analisis, kendala, pembelajaran biologi, pandemi covid-19

References


T. A. Santosa and E. Marina, “Analisis Masalah Pendidikan Biologi Pada Sekolah Menengah Pertama Di Era Pandemi Covid-19,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. volume 3, Desember 2020.

Y. Bare, M. S, and M. Kurniawati, “Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Classroom pada Mata Pelajaran Biologi SMA,” Journal on Teacher Education, vol. 3, no. 2, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.4060.

M. L. Kari, Y. Bare, and O. Y. T. Mago, “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS,” Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, vol. 10, no. 2, p. 10, 2021, doi: https://doi.org/10.33506/jq.v10i2.1418.

A. I. Anggraini, S. Suwarto, and D. Iskandar, “Analisis aktivitas pembelajaran biologi pada Google Classroom di masa pandemi Covid-19,” Jurnal.Pendidik.Surya.Edukasi, vol. 6, no. 2, pp. 168–174, Dec. 2020, doi: 10.37729/jpse.v6i2.6763.

Y. Sizi, Y. Bare, and R. Galis, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII,” Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, vol. 2, no. 1, p. 8, 2021.

T. N. Elci, Y. Bare, and O. Y. T. Mago, “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas VIII SMP,” jpm, vol. 11, no. 2, pp. 54–62, Dec. 2021, doi: 10.37630/jpm.v11i2.484.

K. Novita, Y. Bare, and M. S, “PENGEMBANGAN LKPD MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS X SMA,” Jurnal Biogenerasi, vol. 7, no. 2, 2022, doi: https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.1982.

K. N. Ule, Y. N. Bunga, and Y. Bare, “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Materi Ekosistem Taman Nasional Kelimutu (TNK) SMA Kelas X,” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, vol. 5, no. 2, p. 10, 2021, doi: https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.147-156.

M. F. Neno, Y. Bare, and Y. T. Boli, “PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII,” Jurnal Biogenerasi, vol. 7, no. 2, 2022, doi: https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i2.1983.

Firdaus, “Implementasi dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Kependidikan, vol. volume 6, Desember 2020, [Online]. Available: https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT

Y. Selmin, Y. N. Bunga, and Y. Bare, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Organisasi Kehidupan,” Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, vol. 3, no. 1, pp. 41–57, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i1.52.

M. Y. N. Ade, Y. Bare, and O. Y. T. Mago, “Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Pada Materi Sistem Gerak Untuk Kelas XI SMA,” jpm, vol. 11, no. 2, pp. 63–75, Dec. 2021, doi: 10.37630/jpm.v11i2.485.

R. U. Amalia, B. Isnaeni, and Y. Hanafi, “ANALISIS KENDALA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN ONLINE MATERI BIOLOGI DI SMP NEGERI 3 BANTUL,” vol. 5, p. 6, 2020.

A. Anugrahana, “Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar,” Scholaria, vol. 10, no. 3, pp. 282–289, Sep. 2020, doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Z. Ahfadh, “Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Berbasis E-learning Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara STAMBUK 2016,” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2020.

Pesisa, “Analisis pemahaman konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan di sma negri 4 palembang,” Skripsi, 2019.

Y. Bare, S. H. J. Putra, Y. N. Bunga, O. Y. T. Mago, M. S, and Y. T. Boli, “Implementasi Biology Club I di SMA Karitas Watuneso, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende,” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, vol. 4, no. 2, pp. 321–328, 2021, doi: https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15286.

Y. Bare et al., “IMPLEMENTATION BIOLOGY CLUB II: SMA NEGERI 1 TALIBURA,” Jurnal Pengabdian Mandiri, vol. 1, no. 5, 2022, doi: https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/2150.

Y. Bare and D. R. T. Sari, “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler,” BioEdUIN, vol. 11, no. 1, p. 8, 2021, doi: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077.

I. Hamidah and A. Ratnasari, “Analisis Kategori Literasi Sains pada Buku Siswa IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013,” Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, vol. 1, no. 3, pp. 23–28, 2020.

M. S and Y. Bare, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere,” BES, vol. 3, no. 2, pp. 84–89, Dec. 2019, doi: 10.29405/j.bes/3284-893298.

M. D. Haryanto and I. Riadi, “ANALISIS DAN OPTIMALISASI JARINGAN MENGGUNAKAN TEKNIK LOAD BALANCING (STUDI KASUS JARINGAN UAD KAMPUS 3),” vol. 2, p. 9, 2014.

Y. I. P. Gunawan and A. Amaludin, “Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan DI Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Madaniyah, vol. 11, p. 18, 2021.

I. Farra, “Pemanfaatan Internet SebagaiSumber Belajar Mahasiswa Prodi PPKn FIS UNNES,” Negeri Semarang, 2011.

R. Habibah, U. H. Salsabila, W. M. Lestari, O. Andaresta, and D. Yulianingsih, “Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19,” TPD, vol. 2, no. 02, p. 1, Dec. 2020, doi: 10.30742/tpd.v2i2.1070.

H. Widyastono, “Model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran”.

R. S. Dawa, Y. N. Bunga, and Y. Bare, “Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan di SMAS Katolik St. Gabriel,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 7, no. 8, Dec. 2021, doi: 10.5281/ZENODO.5781429.

F. X. Ndia, O. Y. T. Mago, and Y. Bare, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Koopertif Tipe Jigsaw Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP,” Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, vol. 13, no. 2, pp. 24–30, 2021, doi: 10.25134/quagga.v13i2.4011.

K. Pada, Y. Bare, and S. H. J. Putra, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Pendekatan Scientific Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Maumere,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 8, no. 7, pp. 337–349, Dec. 2021, doi: 10.5281/ZENODO.5769603.

P. Y. S. Ra’o, Y. Bare, and S. Ha. J. Putra, “Pengembangan Media Teka-Teki Silang Biologi Berbasis Android Materi Sistem Gerak untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa,” jpm, vol. 11, no. 2, pp. 158–167, Dec. 2021, doi: 10.37630/jpm.v11i2.508.

A. Riadi, “KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN,” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, vol. 15, p. 16, 2017.

E. Embo, “PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 MAKASSAR,” p. 122, 2017.

A. Pane and M. D. Dasopang, “BELAJAR DAN PEMBELAJARAN,” Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, vol. 03, no. 2, p. 20, 2017.

H. Budiman, “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” ATJPI, vol. 8, no. 1, p. 31, Dec. 2017, doi: 10.24042/atjpi.v8i1.2095.

I. A. Jariyah and E. Tyastirin, “Proses dan Kendala Pembelajaran Biologi di Masa Pandemi Covid-19: Analisis Respon Mahasiswa,” Jurnal. Penelitian. Pengkajian. Pendidikan. e-Saintika, vol. 4, no. 2, p. 183, Jul. 2020, doi: 10.36312/e-saintika.v4i2.224.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v4i1.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.