Author Guidelines

  1. Naskah yang dikirim berupa artikel original yang belum pernah dipublikasi sebelumnya. Naskah dapat berupa hasil penelitian maupun hasil kajian literatur. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
  2. Naskah terdiri dari 3500-5000 kata, ditulis dalam dua kolom dengan ukuran kertas A4, huruf Arial Nova berukuran 12. (untuk lebih detail dapat dilihat pada Download Template atau Journal Template).
  3. Judul harus menjelaskan isi utama dari naskah, informatif dan ringkas, terdiri dari maksimal 15 kata dan tidak mengandung rumus.
  4. Abstrak ditulis dalam satu paragraf, terdiri dari 150-200 kata, berisi latar belakang penelitian, tujuan, metodologi, hasil, simpulan penelitian dan diakhiri dengan pengaruh atau kontribusi bagi ilmu pengetahuan. Kata kunci minimal 3, ditulis berdasarkan abjad dan dipisah dengan titik koma (;).
  5. Pendahuluan menjelaskan latar belakang, masalah, pentingnya dilakukan penelitian, kajian singkat literatur terkait atau penelitian sebelumnya yang perlu dikembangkan, dan diakhiri dengan paragraf berisi tujuan penelitian. Pendahuluan membentuk 15% naskah.
  6. Metode berisi informasi teknis tentang pelaksanaan penelitian/studi literatur. Alat dan bahan dijelaskan secara rinci. Pendekatan dan prosedur kerja serta analisis data juga dimasukkan.
  7. Hasil dan Pembahasan; Hasil penelitian dalam bentuk tabel dan gambar harus dibuat secara jelas. Informasi yang telah tertera pada tabel dan gambar tidak perlu diulang di dalam teks naskah. Data yang sama tidak boleh tampilkan dalam gambar dan tabel (pilih salah satu bentuk tampilan). Teks harus lebih menekankan pada pentingnya penemuan dalam penelitian/studi. Pembahasan hasil penelitian lebih ditekankan pada 'mengapa' dan 'bagaimana' hasil penelitian didapatkan, bukan hanya menulis kembali hasil yang diperoleh. Pembahasan harus didukung oleh pustaka yang relevan, berupa penelitian sebelumnya atau pustaka penting lainnya. Hasil dan pembahasan membentuk 35% naskah.
  8. Simpulan dibuat berdasarkan hasil penelitian dan dikaitkan dengan tujuan penelitian. Jelaskan kontribusi penelitian ini pada ilmu pengetahuan. Simpulan ditulis dalam satu paragraf, bukan penomoran.
  9. Acknowledgements: Pihak-pihak penting yang berkontribusi langsung dalam penelitian ditulis pada bagian ini. Baik penyedia dana maupun fasilitas lainnya.
  10. Pustaka yang digunakan adalah 70% artikel jurnal 10 tahun terakhir dan 30% buku atau lainnya. Pustaka dan sitasi dibuat dengan bantuan aplikasi Zotero atau Mendeley. Reference style yang digunakan adalah IEEE.
  11. Naskah dikirim dengan format .docx atau .rtf menggunakan Ms. Word atau LibreOffice atau OpenOffice.