Analisis Kendala Siswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Lohbener

Idah Hamidah, Anilia Ratnasari, Tri Ratna Dewi

Abstract


Selama masa pandemi pembelajaran dilakukan secara daring. Namun dengan menurunnya angka pasien covid, pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menggambarkan kendala siswa dalam pemeblaaran tatap muka setelah pandemipada materi ekosisitem. Metode peneleitiannya yaitu kualitatif deskriptif. Sumber penelitian dari penelitian ini terdiri dari sumber data primer melitputi data hasil pengisian angket, wawancara dan sumber data skunder berupa data dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu indikator dengan presentase terbesar 18,26 % pada indicator siswa tidak mampu menguasai materi ekosistem, 17,3% pada indkator siswa tidak mencapai prestasi belajar, 17,2 % pada pembelajaran dibatasi pada materi ekosistem, dan 15,38 %pada indicator menurunya motivasi belajar siswa. Dengan demikian siswa mengalami kendala belajar pada saat pembelajaran tatap muka setalah pandemi.


Keywords


Analisis, Kendala Siswa, Pembelajaran Tatap Muka, Ekosistam, Pandemi

References


Nissa. “Analisis persetujuan orang tua terhadap rencana pembelajaran tatap muka terbatas di SMA”. Jurnal menajemen pendidikan. Vol.10 Nomor 2. 2021.

Sulihin Mustafa dkk.”Pembelajaran Tatap Muka pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA”. Jakarta: Kementrian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan teknologi 2021.

Abdurohman, Santiasa & Firmansyah. “Persepsi Guru dalam Pembelajaran Tatap Muka di SMA”. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. Volume 21 Nomor 3. 2020.

Sholikhin, (2021). Analisis kendala pembelajaran tatap muka selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran IPA, Jurnal ilmiah pendidikan Biologi. Biodik Vol 7 (2) tahun 2021 hal. 163-168.

Hidayati, Kunthi. “Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran IPA Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar pada Kelas IV SD 1 Cepokojajar Kabupaten Bantul”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 12 Nomor 5. 2016.

Nova Sari. “Kesulitan dalam belajar biologi saat pembelajaran tatap muka”. Jurnal for lesson and learning studies’ Volume 4 Nomor 3. 2021.

Rizka Ariani dan Festiyed. “Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif”. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 155-162. (2019 https://doi.org/10.24036/jppf.v5i2.107439.

Ita, A,J. “Proses dan kendala pembelajaran biologi di masa pandemic covid-19: analisis respon siswa”. jurnal penelitian dan pengkajian ilmu pendidikan. Volume 4 Nomor 2. 2020

satrijo budiwibowo (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri 14 Kota Madiun. gulawentah: Jurnal Studi Sosial. Volume 1 Nomor 1 Juli 2016, hal 60-68. http://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66

Sholikhin, (2021). Analisis kendala pembelajaran tatap muka selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran IPA, Jurnal ilmiah pendidikan Biologi. Biodik Vol 7 (2) tahun 2021 hal. 163-168.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v4i1.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.