Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Negeri Nuba Arat Pada Materi Kelompok Tumbuhan

Cornelia Dua Kotin, Yohanes Nong Bunga, Mansur S

Abstract


Penelitian ini dilatari oleh kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih tergolong lemah, kurangnya keaktifan siswa saat pembelajaran berlangsung dan minimnya literatur cetak yang menyebabkan kemampuan literasi siswa sangat lemah. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada materi tumbuhan bagi siswa SMP Negeri Nuba Arat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Recearch and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develope, and Dessiminate). Dalan penelitian ini, peneliti melakukan beberapa tahap yaitu, analisis awal, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan, penyusunan tes, pemilihan media dan pemilihan model LKS. Selanjutnya peneliti melakukan validasi produk, perbaikan produk, ujicoba kelas kecil dan menginformasikan kepada siswa serta guru IPA di SMP Negeri Nuba Arat terkait LKS yang sudah dikembangkan. Hasil validasi ahli terhadap produk yang dikembangkan memiliki skor 2,80 untuk ahli materi dan 3,25 untuk ahli media. Validator atau ahli juga memberikan saran terhadap LKS yang dikembangkan berupa perbaikan penempatan gambar, layout dan kesalahan penulisan. Selain itu skor tanggapan siswa dan guru pada saat uji coba kelas kecil yakni 84,71 untuk tanggapan siswa dan 90,07 untuk tanggapan guru. Berdasarkan hasil validasi ahli, perbaikan saran dan skor tanggapan subjek penelitian, maka LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi tumbuhan dinyatakan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP Negeri Nuba Arat.

Kata Kunci: 4D, Inkuiri Terbimbing; Lembar Kerja Siswa, Validasi

Full Text:

PDF

References


Adinugraha, F., “Penerapan Problem Solving Dengan Game Pohon Pengetahuan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di Kelas VII C SMP 1 Purworejo,” Skripsi, Universitas Kristen Indonesia, 2011.

Ambarsari, W., Slamet, S dan Maridi, “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa SMP Kelas VIII SMP N 7 Surakarta,” Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 5, no. 1, p. 81 – 95, 2013.

Apriliyana, U., Fitrihadayati, H, dan Rahardjo, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dalam Upaya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA,” BioEdu, vol. 1, no. 3, p. 39 – 44, 2012.

Dewi, Narni L., N. Dantes. Dan I. W. Sadia, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA,” Journal Program Pasca-sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 3, no. 1, p. 1 – 10, 2013.

Hidayanti, D. & Utami, T. H. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Untuk SMP Kelas VII,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, vol. 3, no. 1, p. 42 – 56, 2016.

Mayasari, H., Syamsurizal, dan Maison, 2015. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Karakter Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Fluida Statik Untuk Sekolah Menengah Atas,” Online. Available: https://www.neliti.com/id/journals/edu-sains-jurnal-pendidikan-matematika-dan-ilmu-pengetahuan-alam-universitas-jember. Accessed: 23 Maret 2019.

M. Sumantri, dan Permana, J, Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Maulana, 2001.

Selviana, D., Susanti. R, dan Iswari, R. S, “Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP,” Unnes Journa of Biology Education, vol. 5, no. 2, p. 123 – 128, 2016.

Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rhineka Cipta, 2010.

Tangkas, I. M, “Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura,” Tesis, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2012. 24

Trianto, 2011. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta : Prestasi Pustaka.

W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v1i2.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.