Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa SMP Negeri Nuba Arat Pada Materi Kelompok Tumbuhan
Abstract
Kata Kunci: 4D, Inkuiri Terbimbing; Lembar Kerja Siswa, Validasi
Full Text:
PDFReferences
Adinugraha, F., “Penerapan Problem Solving Dengan Game Pohon Pengetahuan Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem di Kelas VII C SMP 1 Purworejo,” Skripsi, Universitas Kristen Indonesia, 2011.
Ambarsari, W., Slamet, S dan Maridi, “Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran Biologi Siswa SMP Kelas VIII SMP N 7 Surakarta,” Jurnal Pendidikan Biologi, vol. 5, no. 1, p. 81 – 95, 2013.
Apriliyana, U., Fitrihadayati, H, dan Rahardjo, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Pada Materi Pencemaran Lingkungan Dalam Upaya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA,” BioEdu, vol. 1, no. 3, p. 39 – 44, 2012.
Dewi, Narni L., N. Dantes. Dan I. W. Sadia, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar IPA,” Journal Program Pasca-sarjana Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 3, no. 1, p. 1 – 10, 2013.
Hidayanti, D. & Utami, T. H. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Untuk SMP Kelas VII,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, vol. 3, no. 1, p. 42 – 56, 2016.
Mayasari, H., Syamsurizal, dan Maison, 2015. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Karakter Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Fluida Statik Untuk Sekolah Menengah Atas,” Online. Available: https://www.neliti.com/id/journals/edu-sains-jurnal-pendidikan-matematika-dan-ilmu-pengetahuan-alam-universitas-jember. Accessed: 23 Maret 2019.
M. Sumantri, dan Permana, J, Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Maulana, 2001.
Selviana, D., Susanti. R, dan Iswari, R. S, “Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Di SMP,” Unnes Journa of Biology Education, vol. 5, no. 2, p. 123 – 128, 2016.
Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rhineka Cipta, 2010.
Tangkas, I. M, “Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura,” Tesis, Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2012. 24
Trianto, 2011. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivitis. Jakarta : Prestasi Pustaka.
W. Gulo, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 2004.
DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v1i2.8
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.