Analisis Peran Orang Tua Siswa SMP dalam Pembelajaran Daring Di Kelurahan Beru pada Masa Pandemi COVID-19

Maria Imelda Lopa, Yohanes Bare, Yohanes Nong Bunga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam kegiatan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan berupa angket, lembar wawancara tanggapan orang tua dan peserta didik.  Subjek dalam penelitian ini, yaitu orang tua sebanyak 10 orang dan peserta didik sebanyak 10 orang. Penelitian ini difokuskan pada peran orang tua siswa dalam pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menunjukan bahwa orang tua berperan dalam menyediakan fasilitas pembelajaran, meluangkan waktu untuk mendampingi siswa belajar, dan mengatur jadwal belajar siswa. Peran orang tua yang diperoleh dari angket menyatakan bahwa peran orang tua siswa di Kelurahan Beru dalam mendukung belajar siswa termasuk kategori sangat baik 


Keywords


COVID-19, fasilitas belajar, peran orang tua

Full Text:

PDF

References


A. Lilawati, “Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi,” JO, vol. 5, no. 1, p. 549, Jul. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.630.

Y. Bare et al., “IMPLEMENTATION BIOLOGY CLUB II: SMA NEGERI 1 TALIBURA,” Jurnal Pengabdian Mandiri, vol. 1, no. 5, 2022, doi: https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/2150.

I. Istiadi, Istimewakan Setiap Anak. Bekasi: Pusat Inti, 2007.

M. Umar, “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak,” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, vol. 1, no. 1, 2015, doi: https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315.

M. L. Kari, Y. Bare, and O. Y. T. Mago, “PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING DENGAN MEMANFAATKAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS,” Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan, vol. 10, no. 2, p. 10, 2021, doi: https://doi.org/10.33506/jq.v10i2.1418.

Y. Bare, M. S, and M. Kurniawati, “Persepsi Guru dan Siswa terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Google Classroom pada Mata Pelajaran Biologi SMA,” Journal on Teacher Education, vol. 3, no. 2, 2022, doi: https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.4060.

E. W. Utami, “Kendala dan Peran Orangtua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19,” p. 9, 2021.

S. L. Iftitah and M. F. Anawaty, “PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19,” JCE, vol. 4, no. 2, p. 71, Sep. 2020, doi: 10.30736/jce.v4i2.256.

W. Sanjaya, “Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan,” Jakarta : Prenadamedia Group, 2006.

Sugiyono, “Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.,” Bandung : PT Alfabeta, 2016.

S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2012.

J. Ahmad, “Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis),” 2018,

doi: 10.13140/RG.2.2.12201.08804.

D. Alfrindasari, “Teknik Sampling pada penelitian Kualitatif,” 2014.

S. E. P. Widoyoko, “Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian,” Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2014.

I. N. Rachmawati, “Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara,” Jurnal Keperawatan Indonesia, vol. 11, no. 1, pp. 35–40, Mar. 2016, doi: 10.7454/jki.v11i1.184.

sugiyono, “Metode Penelitian Pendidika pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.,” Bandung : Alfabeta, 2010.

T. N. Elci, Y. Bare, and O. Y. T. Mago, “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas VIII SMP,” jpm, vol. 11, no. 2, pp. 54–62, Dec. 2021, doi: 10.37630/jpm.v11i2.484.

P. Y. S. Ra’o, Y. Bare, and S. Ha. J. Putra, “Pengembangan Media Teka-Teki Silang Biologi Berbasis Android Materi Sistem Gerak untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa,” jpm, vol. 11, no. 2, pp. 158–167, Dec. 2021, doi: 10.37630/jpm.v11i2.508.

N. I. Pratiwi, “PENGGUNAAN MEDIA VIDEO CALL DALAM TEKNOLOGI KOMUNIKASI,” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, vol. 1, no. 2, 2017.

Milles and Huberman, “Analisis Data Kualitatif,” Jakarta: Universitas Indonesia Press, p. 16, 1992.

A. Rijali, “ANALISIS DATA KUALITATIF,” alhadharah, vol. 17, no. 33, p. 81, Jan. 2019, doi: 10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

A. Syahrina, “PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI HJ KAMISIH KELURAHAN DURI TIMUR KECAMATAN MANDAU KABUPATEN BENGKALIS,” p. 65, 2021.

M. Umar, “Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak,” Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, vol. 1, no. 1, 15AD, doi: Https://Doi.Org/10.22373/Je.V1i1.315.

F. X. Ndia, O. Y. T. Mago, and Y. Bare, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Koopertif Tipe Jigsaw Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP,” Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, vol. 13, no. 2, pp. 24–30, 2021, doi: 10.25134/quagga.v13i2.4011.

M. Y. N. Ade, Y. Bare, and O. Y. T. Mago, “Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Pada Materi Sistem Gerak Untuk Kelas XI SMA,” jpm, vol. 11, no. 2, pp. 63–75, Dec. 2021, doi: 10.37630/jpm.v11i2.485.

Y. Selmin, Y. N. Bunga, and Y. Bare, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Organisasi Kehidupan,” Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, vol. 3, no. 1, pp. 41–57, 2022, doi: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i1.52.

K. Pada, Y. Bare, and S. H. J. Putra, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Pendekatan Scientific Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Maumere,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 8, no. 7, pp. 337–349, Dec. 2021, doi: 10.5281/ZENODO.5769603.

Arsyad, Subhi, H. Saliha, and U. Sulitiyas, “Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak (Studi Desa Mantang Besar Kabupaten Bintan),” jmm, vol. 1, no. 1, pp. 7–17, Nov. 2019, doi: 10.31629/jmm.v1i1.1658.

A. Wahib, “PERAN ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR DARING SELAMA PANDEMI COVID 19,” Jurnal Paradigma, vol. 12, no. 1, p. 11, 2021.

Y. Bare and D. R. T. Sari, “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler,” BioEdUIN, vol. 11, no. 1, p. 8, 2021, doi: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077.

Y. Bare, S. H. J. Putra, Y. N. Bunga, O. Y. T. Mago, M. S, and Y. T. Boli, “Implementasi Biology Club I di SMA Karitas Watuneso, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende,” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, vol. 4, no. 2, pp. 321–328, 2021, doi: https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15286.

K. N. Ule, Y. N. Bunga, and Y. Bare, “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Materi Ekosistem Taman Nasional Kelimutu (TNK) SMA Kelas X,” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, vol. 5, no. 2, p. 10, 2021, doi: https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.147-156.

R. S. Dawa, Y. N. Bunga, and Y. Bare, “Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan di SMAS Katolik St. Gabriel,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 7, no. 8, Dec. 2021, doi: 10.5281/ZENODO.5781429.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i2.61

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.