PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN

Yosefina Selmin, Yohanes Nong Bunga, Yohanes Bare

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 1 Kewapante diperoleh bahwa peserta didik kurang terlibat aktif dalam pembelajaran biologi, media dan metode pembelajaran masih terbatas. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengembangkan LKPD. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk : (1) Mengembangkan dan menganalisis tahap pengembangan LKPD berbasis InkuiriTerbimbing pada materi sistem organisasi kehidupan,  (2) Menganalisis kelayakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada materi sistem organisasi kehidupan yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengadopsi model  pengembangan ADDIE. Produk LKPD divalidasi oleh ahli materi, media dan bahasa. Hasil validasi materi di peroleh nilai persentase 84% dengan kategori sangat valid, hasil validasi media diperoleh nilai persentase 90% dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi bahasa diperoleh nilai persentase 90% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi sistem organisasi kehidupan untuk kelas VII SMP  telah layak digunakan  dalam proses pembelajaran.


Keywords


LKPD, Inkuiri Terbimbing, Sistem Organisasi Kehidupan

References


Ade, Maria Yuniati Nona, Yohanes Bare, and Oktavius Yoseph Tuta Mago. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Teka-Teki Silang (TTS) Pada Materi Sistem Gerak Untuk Kelas XI SMA.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 11(2):63–75. doi: 10.37630/jpm.v11i2.485.

Bare, Yohanes, Sukarman Hadi Jaya Putra, Yohanes Nong Bunga, Oktavius Yoseph Tuta Mago, Mansur S, and Yohanes Tematan Boli. 2021. “Implementasi Biology Club I Di SMA Karitas Watuneso, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 4(2):321–28. doi: https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15286.

Bare, Yohanes, and Dewi Ratih Tirto Sari. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler.” BioEdUIN 11(1):8. doi: https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077.

Dawa, Ratna Susana, Yohanes Nong Bunga, and Yohanes Bare. 2021. “Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Pencernaan di SMAS Katolik St. Gabriel.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 7(8). doi: 10.5281/ZENODO.5781429.

Elci, Theresia Nona, Yohanes Bare, and Oktavius Yoseph Tuta Mago. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Android Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Di Kelas VIII SMP.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 11(2):54–62. doi: 10.37630/jpm.v11i2.484.

Fara, Umi. 2019. “PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA.” Universitas Lampung, Bandar lampung.

Kari, Magdalena Letek, Yohanes Bare, and Oktavius Yoseph Tuta Mago. 2022. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Blended Learning dengan Memanfaatkan Aplikasi Microsoft Teams.” Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan 10(2):10. doi: https://doi.org/10.33506/jq.v10i2.1418.

Kemendikbud. 2013. “MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA,.” 16.

Khasanah, Uswatun. 2020. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGANUNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV MI.” UIN Raden Intan Lampung.

Kurniawan, A. D. 2013. “METODE INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS SISWA SMP.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Lia. 2019. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI KOLOID PADA KELAS XI SMA.” Universitas Sriwijaya, Indralaya.

Marti, Marti, Syamswisna Syamswisna, and Ruqiah Ganda Putri Panjaitan. 2016. “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP REHOBOTH.” Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 5(2). doi: 10.26418/jpmipa.v5i2.13336.

Maulidar. 2019. “PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA NEGERI 1 SIMPANG KIRI.” UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Ndia, Fransiskus Xaverius, Oktavius Yoseph Tuta Mago, and Yohanes Bare. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Koopertif Tipe Jigsaw Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP.” Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi 13(2):24–30. doi: 10.25134/quagga.v13i2.4011.

Pada, Krisna, Yohanes Bare, and Sukarman Hadi Jaya Putra. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Berbasis Pendekatan Scientific Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII SMP Negeri 2 Maumere.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 8(7):337–49. doi: 10.5281/ZENODO.5769603.

Ra’o, Paula Yunita Seku, Yohanes Bare, and Sukarman HAdi Jaya Putra. 2021. “Pengembangan Media Teka-Teki Silang Biologi Berbasis Android Materi Sistem Gerak untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa.” JURNAL PENDIDIKAN MIPA 11(2):158–67. doi: 10.37630/jpm.v11i2.508.

S, Mansur, and Yohanes Bare. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere.” BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 3(2):84–89. doi: 10.29405/j.bes/3284-893298.

Tangkas, Made I. 2012. “PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMAN 3 AMLAPURA.”

Triana, Neni. 2018. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DI SMA NEGERI 1 MESJID RAYA.” UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

Ule, Kristina Novita, Yohanes Nong Bunga, and Yohanes Bare. 2021. “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Jelajah Alam Sekitar (JAS) Materi Ekosistem Taman Nasional Kelimutu (TNK) SMA Kelas X.” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 5(2):10. doi: https://doi.org/10.33369/diklabio.5.2.147-156.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i1.52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.