Persepsi Siswa terhadap Modul Chordata dengan Pendekatan Saintifik di SMA Negeri 18 Kota Bekasi

Oktavianus Pandu Adi Utama, Fajar Adinugraha, Adisti Ratnapuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk modul materi Chordata dengan Pendekatan Saintifik dan mengetahui persepsi siswa mengenai modul tersebut. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Prosedur penelitian ini terdiri atas potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan penyebaran kuesioner persepsi siswa. Penelitian ini dilakukan pada Semester Genap tahun ajaran 2021/2022, pada bulan Maret-Juli 2021. Validator modul terdiri atas 2 orang validasi materi, 2 orang validasi media, dan 2 orang validasi bahasa. Penilaian dari ahli materi memperoleh kelayakan dengan hasil rata-rata persentase 87,5% dengan kategori “sangat layak”. Penilaian ahli media memperoleh hasil rata-rata persentase 92% dengan kategori “sangat layak”. Penilaian ahli bahasa memperoleh rata-rata persentase 88,25% dengan kategori “sangat layak”. Subyek penelitian adalah 108 siswa kelas X MIPA dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis statistika deskriptif. Modul Chordata yang dikembangkan dengan Pendekatan Saintifik, memilliki karakteristik antara lain: 1) cover dan gambar yang diambil sebagian besar merupakan gambar yang difoto sendiri dan hewan khas Indonesia sehingga siswa lebih mengenal; 2) adanya peta konsep di awal modul membuat siswa bisa mampu melihat gambaran keseluruhan modul; 3) kegiatan-kegiatan yang bersifat Pendekatan Saintifik terdapat di setiap kegiatan pembelajaran; 4) terdapat pojok animalia sebagai informasi tambahan mengenai keunikan hewan; dan 5) terdapat link/tautan di dalam modul yang bisa diakses siswa.Persepsi/tanggapan siswa terhadap Modul Chordata dengan Pendekatan Saintifik berada pada kategori baik yang terdiri 43.52% memberikan persepsi sangat baik dan 56.48% memberikan persepsi baik


Keywords


Persepsi Siswa; Pengembangan Modul; Pendekatan Saintifik; Chordata

References


Adinugraha, F. (2018) ‘Gambaran Persepsi Peserta Didik tentang Kebermanfaatan Buku Pengayaan Ujian Nasional Biologi’, Jurnal EduMatSains, 2(2), pp. 99–114.

Adinugraha, F. (2020) ‘Potensi Reresik Sumur Pitu Sebagai Pendekatan Kearifan Lokal dan Budaya pada Pembelajaran Biologi’, Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 6(1), pp. 16–32. doi: 10.37729/jpse.v6i1.6490.

Adinugraha, F. et al. (2021a) ‘Gambaran Pendekatan Pembelajaran Biologi Kurikulum 2013 di SMA Swasta se-Kabupaten Purworejo’, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 9(1), pp. 1–17.

Adinugraha, F. et al. (2021b) ‘Learning Approaches in Biology Learning’, Jurnal Formatif Pendidikan MIPA, 11(21), pp. 25–34.

Agustina, E. (2015) Pengaruh desain sampul buku terhadap minat baca siswa di perpustakaan MAN Yogyakarta III, Prodi Ilmu Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Fathurrohman, P. and Sutikno, M. S. (2009) Strategi Belajar Mengajar; Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Hosnan, M. (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyasa, E. (2004) Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mumpuni, A. and Rizki Umi Nurbaeti (2019) ‘Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD’, Riset Pedagogik, 3(1), pp. 93–101. Available at: https://jurnal.uns.ac.id/jdc/article/view/34076/22647.

Novianti, R., Pargito, P. and Rosana, R. (2016) ‘Hubungan Persepsi Siswa Tentang Bahan Ajar Dengan Hasil Belajar Geografi’, Jurnal Penelitian Geografi, 4(2), p. 251016.

Prastowo, A. (2012) Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Prastowo, A. (2015) Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) tematik terpadu implementasi kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta: Kencana.

Sirate, S. F. S and Ramadhana, R. (2017) ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi’, Inspiratif Pendidikan, 6(2), p. 316. doi: 10.24252/ip.v6i2.5763.

Sanjaya, W. (2010) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Setiyadi, M. W., Ismail and Gani, H. A. (2017) ‘Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa’, Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), p. 102. doi: 10.26858/est.v3i2.3468.

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumawarti, S. (2006) Pemakaian bahasa komunikatif untuk meningkatkan kemampuan memecahkan soal cerita matematika pada siswa kelas 5 SD Negeri 15 Surakarta. Available at: https://lppm.uns.ac.id/id/2009/01/29/pemakaian-bahasa-komunikatif-untuk-meningkatkan-kemampuan-memecahkan-soal-cerita-matematika-pada-siswa-kelas-5-sd-negeri-15-surakarta/.

Widiawati, P. D., Nurani, A. S. and Kejuruan, S. M. (2017) ‘Penerapan Pendekatan Saintifik Learning Pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental Di Smkn 2 Baleendah’, Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 4(2), pp. 39–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i3.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.