Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Ekologi Kelas X di SMAS Katolik St. Gabriel Maumere

Elfrida Peni Beribe, Rofinus Galis, Yohanes Boli Tematan

Abstract


Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa pada Materi Ekologi kelas X di SMAS Katolik St. Gabriel Maumere. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode kualitatif yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refeleksi. Sampel dalam penelitian ini adalah 27 orang pada kelas X IPS 2. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa Observasi, Tes Hasil Belajar dan Dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk mengukur aktivitas siswa dan tes hasil belajar kognitif siswa berupa pre-test dan post-test. Hasil Belajar Kognitif Siswa setelah menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dari hasil belajar kognitif siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Think Pair Share. Data tes hasil belajar kognitif siswa menunjukan rata-rata nilai Posttest sebesar 87,03 sedangkan nilai Pretest sebesar 48,88. Hasil analisis data Observasi aktivitas siswa menunjukan bahwa nilai rata-rata sebesar 3,48 dan hasil tersebut tergolong sangat aktif. Kondisi ini memberikan informasi bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi Ekologi kelas X di SMAS Katolik St. Gabriel Maumere.

Kata Kunci : Aktivitas; Hasil Belajar Kognitif; Think Pair Share

References


Arikunto . 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Bare, Y., Putra, S. H. J., Bunga, Y. N., Mago, O. Y. T., S, M., & Boli, Y. T. (2021). Implementasi Biology Club I di SMA Karitas Watuneso, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 321–328. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15286

Bare, Y., & Sari, D. R. T. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler. BioEdUIN, 11(1), 8. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077

Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Kurniasih dan Sani. 2015. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena, 128 hlm.

Matin. 2013. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Prawirohartono, S. 2004. Sains Biologi 1a untuk SMA Kelas 1. Jakarta: PT Bumi Aksara

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Taufik, M.2016. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 4 Wira Bangsa Meulaboh. Meulaboh

Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Widoyoko, E. P. 2018. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i1.40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.