Video Pembelajaran Berbasis Powtoon: Pengaruh Media terhadap Kemandirian Belajar Biologi Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
W. Suciati, Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Bandung: CV. Rasi Terbit, 2016.
A. R. Desvian, B. Martati, and K. D. A. Afiani, “Karakter Mandiri Siswa Kelas IV Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya dalam Pembelajaran Daring,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 9938–9945, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2559.
S. I. N. Hidayah and S. Kuntari, “Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi di SMA Cokroaminoto Sukaresmi,” ANWARUL, vol. 2, no. 3, pp. 192–199, 2022, doi: https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i3.398.
T. Kristiyani, Self-Regulated Learning konsep, implikasi, dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2020.
A. Majir, Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21. Yogyakarta: Deepublish, 2020.
R. Syahfitri, D. P. Sari, A. Wahyuni, S. Fatimah, and H. R. Setiawan, “Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dimasa Pandemi Covid-19,” Al-Ulum J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 44–54, 2020, doi: https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i1.5.
A. Marera, “Dinamika Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19: Kekhawatiran Learning Loss Pada Siswa,” Diklabio, vol. 6, no. 2, pp. 160–172, Nov. 2022, doi: 10.33369/diklabio.6.2.160-172.
A. Adisel and A. G. Prananosa, “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19,” J. Adm. Educ. Manag. ALIGNMENT, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.31539/alignment.v3i1.1291.
A. R. Vanchapo, A. Halik, N. Y. Arifin, P. Pahmi, and I. A. Prabowo, “Pemanfaatan Media Youtube Channel untuk Mendukung Pembelajaran Elektronik Learning pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 5, pp. 2016–2025, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5072.
S. Hafizah, “Penggunaan dan Pengembangan Video dalam Pembelajaran Fisika,” J. Pendidik. Fis., vol. 8, no. 2, pp. 225–240, 2020, doi: 10.24127/jpf.v8i2.2656.
J. Fitra and H. Maksum, “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK,” J. Pedagogi Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1–3, 2021, doi: 10.23887/jp2.v4i1.31524.
Z. A. Achmad, M. I. D. Fanani, G. Z. Wali, and R. Nadhifah, “Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19,” JCommsci - J. Media Commun. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 54–67, 2021, doi: 10.29303/jcommsci.v4i2.121.
L. Qurrotaini, T. W. Sari, V. H. Sundi, and L. Nurmalia, “Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring,” Pros. Semin. Nas. Penelit. LPPM UMJ, pp. 1–7, 2020.
E. Safitri and Titin, “Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon,” J. Inov. Penelit. Dan Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 74–80, 2021, doi: 10.53621/jippmas.v1i2.12.
F. Rahmawati and Z. H. Ramadan, “Improving High-Level Thinking Skills in Students Through Powtoon-Based Animation Video Media,” J. Educ. Technol., vol. 5, no. 4, pp. 654–662, 2021, doi: 10.23887/jet.v5i4.41037.
K. Hidayati and E. Listyani, “Improving Instruments of Students’ Self-Regulated Learning,” J. Penelit. Dan Eval. Pendidik., vol. 14, no. 1, pp. 85–99, 2010, doi: 10.21831/pep.v14i1.1977.
S. Azwar, Reliabilitas dan Validitas Edisi IV. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015.
A. A. N. Hikmah and A. P. Abadi, “Kategorisasi Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 1 Teluk Jambe Timur,” Pros. Sesiomadika, vol. 4, no. 1, pp. 796–802, 2022.
F. Handayani, D. M. Hasyim, W. Suryono, S. Sutrisno, S. Sutrisno, and N. Rian, “Peran Teknologi Pendidikan dalam Mendukung Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi,” J. Rev. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 1265–1271, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20755.
C. P. Mardian, R. Rahmi, and H. Hamdunah, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Materi Limit Fungsi Aljabar,” J. Pendidik. Mat. Dan Sains, vol. 11, no. 1, pp. 14–27, 2023, doi: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.48027.
M. Susanti and A. Razak, “Pengembangan Media Video Pembelajatan Menggunakan Powtoon pada Materi Perubahan Lingkungan,” J. Teach. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 444–454, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15495.
F. Kusumawati and D. Setyadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada Materi Aritmatika Sosial,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 1486–1498, 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i2.1267.
L. S. Amiludin and M. Mindhaudah, “Powtoon: Media Pembelajaran untuk Mengajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus,” SASTRANESIA J. Program Studi Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 8, no. 1, pp. 56–65, 2020, doi: 10.32682/sastranesia.v8i1.1426.
L. Izzah, H. Bahar, and G. Puteri, “Pengaruh Animasi dalam Aplikasi Powtoon terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi,” Pros. Semin. Nas. Penelit. LPPM UMJ, pp. 1–7, 2020.
F. Anwar, H. Pajarianto, T. D. Raharjo, L. Fajriah, I. A. D. Astuti, A. Hardiansyah, and K. A. Suseni, Pengembangan Media Pembelajaran: Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0. Makassar: CV. Tohar Media, 2022.
K. Khairunnisa, M. R. Akbar, U. Usanto, S. Ningtyas, F. Aziz, S. Sepriano, F. Rini, H. Hasauddin, I. N. A. S. Putra, I. Adhicandra, R. Novita, R. Metra, and S. Junaidi, Multimedia : Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.
A. A. Fadilah, I. Sukmawati, and E. Y. Kurniawan, “Analisis Pemanfaatan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas 5 SD Negeri Karang Tengah 11 Kota Tangerang,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya Teknol. Dan Pendidik., vol. 1, no. 9, pp. 1843–1858, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i9.259.
Y. Avicena and R. Syofyan, “Video Animasi Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Ekonomi di Tingkat SMA,” PeKA J. Pendidik. Ekon. Akunt., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2023, doi: https://doi.org/10.25299/peka.2023.vol11(1).13025.
C. Aprinastuti, Special Book for Media Tutorial ICT-Based Learning. Yogyakarta: Stiletto Book, 2023.
A. Hafifah, “Meta Analisis Pengaruh Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar IPA,” Spizaetus J. Biol. Dan Pendidik. Biol., vol. 3, no. 3, pp. 96–103, Oct. 2022, doi: 10.55241/spibio.v3i3.73.
DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v5i1.363
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.