Video Pembelajaran Berbasis Powtoon: Pengaruh Media terhadap Kemandirian Belajar Biologi Siswa

A. S. Alonemarera

Abstract


Kemandirian belajar memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan kesuksesan akademis siswa. Kemandirian belajar biologi siswa di SMAN 4 Sidrap dinilai rendah, diduga akibat pembelajaran biologi yang kurang melibatkan teknologi informasi sehingga terkesan bersifat konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelibatan video pembelajaran berbasis aplikasi powtoon terhadap kemandirian belajar biologi siswa di SMA Negeri 4 Sidrap. Penelitian berjenis quasi eksperimen, memiliki populasi seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Sidrap berjumlah 45 orang. Melalui teknik complete sampling, ditetapkan seluruh populasi sebagai sampel penelitian yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan desain post-test control group. Data dikumpulkan dengan teknik angket menggunakan instrumen lembar angket kemandirian belajar. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemandirian belajar kelas kontrol sebesar 40,40 dan kelompok eksperimen sebesar 73,83. Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi 0,00 Sig. < 0,05. Dengan demikian, disimpulkan bahwa pelibatan video pembelajaran berbasis powtoon memiliki pengaruh positif terhadap kemandirian belajar biologi siswa. Dalam pengembangan ilmu pengetahuan, penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan teknologi video dan alat pembuatan animasi seperti Powtoon. Ini dapat membuka jalan untuk eksplorasi dan pengembangan metode pembelajaran baru yang lebih efektif.

Keywords


Biologi; Kemandirian Belajar; Media Pembelajaran; Powtoon; Video Pembelajaran

References


W. Suciati, Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar. Bandung: CV. Rasi Terbit, 2016.

A. R. Desvian, B. Martati, and K. D. A. Afiani, “Karakter Mandiri Siswa Kelas IV Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 16 Surabaya dalam Pembelajaran Daring,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 5, no. 3, pp. 9938–9945, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2559.

S. I. N. Hidayah and S. Kuntari, “Kemandirian Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi di SMA Cokroaminoto Sukaresmi,” ANWARUL, vol. 2, no. 3, pp. 192–199, 2022, doi: https://doi.org/10.58578/anwarul.v2i3.398.

T. Kristiyani, Self-Regulated Learning konsep, implikasi, dan tantangannya bagi siswa di Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2020.

A. Majir, Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21. Yogyakarta: Deepublish, 2020.

R. Syahfitri, D. P. Sari, A. Wahyuni, S. Fatimah, and H. R. Setiawan, “Implementasi E-Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dimasa Pandemi Covid-19,” Al-Ulum J. Pendidik. Islam, vol. 1, no. 1, pp. 44–54, 2020, doi: https://doi.org/10.56114/al-ulum.v1i1.5.

A. Marera, “Dinamika Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19: Kekhawatiran Learning Loss Pada Siswa,” Diklabio, vol. 6, no. 2, pp. 160–172, Nov. 2022, doi: 10.33369/diklabio.6.2.160-172.

A. Adisel and A. G. Prananosa, “Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19,” J. Adm. Educ. Manag. ALIGNMENT, vol. 3, no. 1, pp. 1–10, 2020, doi: 10.31539/alignment.v3i1.1291.

A. R. Vanchapo, A. Halik, N. Y. Arifin, P. Pahmi, and I. A. Prabowo, “Pemanfaatan Media Youtube Channel untuk Mendukung Pembelajaran Elektronik Learning pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 3, no. 5, pp. 2016–2025, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5072.

S. Hafizah, “Penggunaan dan Pengembangan Video dalam Pembelajaran Fisika,” J. Pendidik. Fis., vol. 8, no. 2, pp. 225–240, 2020, doi: 10.24127/jpf.v8i2.2656.

J. Fitra and H. Maksum, “Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK,” J. Pedagogi Dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 1–3, 2021, doi: 10.23887/jp2.v4i1.31524.

Z. A. Achmad, M. I. D. Fanani, G. Z. Wali, and R. Nadhifah, “Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19,” JCommsci - J. Media Commun. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 54–67, 2021, doi: 10.29303/jcommsci.v4i2.121.

L. Qurrotaini, T. W. Sari, V. H. Sundi, and L. Nurmalia, “Efektivitas Penggunaan Media Video Berbasis Powtoon dalam Pembelajaran Daring,” Pros. Semin. Nas. Penelit. LPPM UMJ, pp. 1–7, 2020.

E. Safitri and Titin, “Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon,” J. Inov. Penelit. Dan Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 74–80, 2021, doi: 10.53621/jippmas.v1i2.12.

F. Rahmawati and Z. H. Ramadan, “Improving High-Level Thinking Skills in Students Through Powtoon-Based Animation Video Media,” J. Educ. Technol., vol. 5, no. 4, pp. 654–662, 2021, doi: 10.23887/jet.v5i4.41037.

K. Hidayati and E. Listyani, “Improving Instruments of Students’ Self-Regulated Learning,” J. Penelit. Dan Eval. Pendidik., vol. 14, no. 1, pp. 85–99, 2010, doi: 10.21831/pep.v14i1.1977.

S. Azwar, Reliabilitas dan Validitas Edisi IV. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2015.

A. A. N. Hikmah and A. P. Abadi, “Kategorisasi Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VIII SMPN 1 Teluk Jambe Timur,” Pros. Sesiomadika, vol. 4, no. 1, pp. 796–802, 2022.

F. Handayani, D. M. Hasyim, W. Suryono, S. Sutrisno, S. Sutrisno, and N. Rian, “Peran Teknologi Pendidikan dalam Mendukung Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi,” J. Rev. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 1265–1271, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20755.

C. P. Mardian, R. Rahmi, and H. Hamdunah, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Materi Limit Fungsi Aljabar,” J. Pendidik. Mat. Dan Sains, vol. 11, no. 1, pp. 14–27, 2023, doi: https://doi.org/10.21831/jpms.v11i1.48027.

M. Susanti and A. Razak, “Pengembangan Media Video Pembelajatan Menggunakan Powtoon pada Materi Perubahan Lingkungan,” J. Teach. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 444–454, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15495.

F. Kusumawati and D. Setyadi, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Powtoon pada Materi Aritmatika Sosial,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 2, pp. 1486–1498, 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i2.1267.

L. S. Amiludin and M. Mindhaudah, “Powtoon: Media Pembelajaran untuk Mengajar Mahasiswa Berkebutuhan Khusus,” SASTRANESIA J. Program Studi Pendidik. Bhs. Dan Sastra Indones., vol. 8, no. 1, pp. 56–65, 2020, doi: 10.32682/sastranesia.v8i1.1426.

L. Izzah, H. Bahar, and G. Puteri, “Pengaruh Animasi dalam Aplikasi Powtoon terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi,” Pros. Semin. Nas. Penelit. LPPM UMJ, pp. 1–7, 2020.

F. Anwar, H. Pajarianto, T. D. Raharjo, L. Fajriah, I. A. D. Astuti, A. Hardiansyah, and K. A. Suseni, Pengembangan Media Pembelajaran: Telaah Perspektif Pada Era Society 5.0. Makassar: CV. Tohar Media, 2022.

K. Khairunnisa, M. R. Akbar, U. Usanto, S. Ningtyas, F. Aziz, S. Sepriano, F. Rini, H. Hasauddin, I. N. A. S. Putra, I. Adhicandra, R. Novita, R. Metra, and S. Junaidi, Multimedia : Teori dan Aplikasi dalam Dunia Pendidikan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

A. A. Fadilah, I. Sukmawati, and E. Y. Kurniawan, “Analisis Pemanfaatan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas 5 SD Negeri Karang Tengah 11 Kota Tangerang,” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya Teknol. Dan Pendidik., vol. 1, no. 9, pp. 1843–1858, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i9.259.

Y. Avicena and R. Syofyan, “Video Animasi Berbasis Powtoon pada Pembelajaran Ekonomi di Tingkat SMA,” PeKA J. Pendidik. Ekon. Akunt., vol. 11, no. 1, pp. 1–8, 2023, doi: https://doi.org/10.25299/peka.2023.vol11(1).13025.

C. Aprinastuti, Special Book for Media Tutorial ICT-Based Learning. Yogyakarta: Stiletto Book, 2023.

A. Hafifah, “Meta Analisis Pengaruh Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar IPA,” Spizaetus J. Biol. Dan Pendidik. Biol., vol. 3, no. 3, pp. 96–103, Oct. 2022, doi: 10.55241/spibio.v3i3.73.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v5i1.363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.