Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Kelas IV Sekolah Dasar

Melkior Ronaldo Repe, Yohanes Ehe Lawotan, Hermus Hero

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di sekolah tujuan yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa karena belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 68. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi bagian-bagian tumbuhan setelah menerapkan model discovery learning pada siswa kelas IV SDK Nita 1. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berbasis lesson study yang dilakukan dalam bentuk siklus dengan tahapan plan-do-see. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDK Nita 1 yang berjumlah 24 orang dengan rincian 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan instrumen penelitian yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh, pada siklus 1 pelaksanaan pembelajaran sebesar 89,47, pengamatan aktivitas siswa sebesar 75%, dan terdapat 13 (54,17%) siswa tuntas serta 11 (45,83%) siswa tidak tuntas. Pada siklus 2 pelaksanaan pembelajaran sebesar 92,11, pengamatan aktivitas siswa sebesar 81,02%, dan terdapat 19 (79,19%) siswa tuntas serta 5 (20,83%) siswa tidak tuntas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan kelas IV SDK Nita 1.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi di sekolah tujuan yaitu masih rendahnya hasil belajar siswa karena belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 68. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi bagian-bagian tumbuhan setelah menerapkan model discovery learning pada siswa kelas IV SDK Nita 1. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berbasis lesson study yang dilakukan dalam bentuk siklus dengan tahapan plan-do-see. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDK Nita 1 yang berjumlah 24 orang dengan rincian 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes dengan instrumen penelitian yaitu lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes hasil belajar. Hasil penelitian diperoleh, pada siklus 1 pelaksanaan pembelajaran sebesar 89,47, pengamatan aktivitas siswa sebesar 75%, dan terdapat 13 (54,17%) siswa tuntas serta 11 (45,83%) siswa tidak tuntas. Pada siklus 2 pelaksanaan pembelajaran sebesar 92,11, pengamatan aktivitas siswa sebesar 81,02%, dan terdapat 19 (79,19%) siswa tuntas serta 5 (20,83%) siswa tidak tuntas. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus 2. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan kelas IV SDK Nita 1.

Keywords


Hasil Belajar; Lesson Study; Model Discovery Learning

References


D. M. El Puang and F. S. Weka, “Pengaruh Penerapan Metode Karya Wisata Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV SDK Ona Tahun Ajaran 2021/2022,” Didakt. J. Ilm. FKIP Univ. Mandiri, vol. 07, no. 02, pp. 707–717, 2021, doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.

A. Masrifa, S. Munirah, A. R. Cahyani, and D. H. Fauziyah, Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani. Recovery, 2023.

D. P. Dewi, N. Sismulyasih, D. S. Putri, and N. Afni, PEMAIN BIT IPAS Pengembangan Media Interaktif Berbasis IT IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery, 2023.

S. M. N. Afifah, A. Pratama, A. Setyaningrum, and R. M. Mughni, Inovasi Media Pembelajaran untuk Mata Pelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery, 2023.

D. Purnamawati, C. Ertikanto, and A. Suyatna, “Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 0, no. 2, pp. 209–219, 2017, doi: 10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2070.

N. Yuliana, “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 21–28, 2018, doi: 10.52217/pedagogia.v4i1.732.

Z. Fajri, “Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD,” J. IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 7, no. 2, pp. 64–73, 2019, doi: 10.36841/pgsdunars.v7i2.478.

F. Prasetyo and F. Kristin, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD,” Didakt. TAUHIDI J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 13–27, 2020, doi: 10.30997/dt.v7i1.2645.

A. H. Ramadhani, “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Discovey Learning pada Hasil Belajar Siswa,” Mahaguru J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 96–102, 2021.

T. Windiyani, L. Novita, and A. R. Sakinah, “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,” Widyagogik J. Pendidik. dan Pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 7, no. 2, pp. 148–163, 2020, doi: 10.21107/widyagogik.v7i2.7441.

M. Fauziah, Y. Sulaeman, and Chandra, “Pengembangan LKS Tematik Bahasa Indonesia Kelas V Melalui Kegiatan Lesson Study Di Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 6, no. 1, pp. 15–22, 2020, doi: 10.31949/jcp.v6i1.1559.

R. Adwiah, F. S. Sundari, and S. Utami, “Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Edudomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Dasar Berbasis Lesson Study,” Didakt. J. Ilm. FKIP Univ. Mandiri, vol. 09, no. 04, pp. 2224–2233, 2023, doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.

N. I. Sari, S. Rahman, and S. Ahyan, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project-Based Learning melalui Lesson Study,” J. Didact. Math., vol. 4, no. 2, pp. 138–144, 2023, doi: 10.34007/jdm.v4i2.1853.

Y. U. Nuzalifa, “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Sains Indones., vol. 4, no. 1, pp. 48–57, 2021, doi: 10.23887/jppsi.v4i1.31774.

A. Sute, H. Hero, and M. Helvina, “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J. Teach. Educ., vol. 4, no. 3, pp. 294–302, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12171.

A. D. Prasetyo and M. Abduh, “Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1717–1724, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991.

S. M. Hasnan, Rusdinal, and Y. Fitria, “Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar,” J. Basicedu Res. Learn. Elem. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 239–249, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.318.

D. Harefa, “Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” TUNAS Junal Pendidik. Biol., vol. 4, no. 1, pp. 83–99, 2023.

Y. E. R. Lewar, D. M. El Puang, and Y. E. Lawotan, “Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 08, no. 03, pp. 1730–1740, 2023, doi: https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10968.

N. T. Juwitasari, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penguasaan Konsep Tekanan Melalui Metode Discovery Learning di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bogor,” J. Soc. Stud. Arts, Humanit., vol. 03, no. 01, pp. 60–65, 2023, doi: 10.33751/jssah.v3i1.7425.

J. M. Mangangantung, M. I. Penteno, and B. E. J. Komedien, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dikelas IV SD GMIM V Tomohon,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 3, pp. 727–735, 2023, doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.7802176.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v5i1.338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.