Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Kelas IV Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
D. M. El Puang and F. S. Weka, “Pengaruh Penerapan Metode Karya Wisata Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV SDK Ona Tahun Ajaran 2021/2022,” Didakt. J. Ilm. FKIP Univ. Mandiri, vol. 07, no. 02, pp. 707–717, 2021, doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i01.
A. Masrifa, S. Munirah, A. R. Cahyani, and D. H. Fauziyah, Media Interaktif Pembelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani. Recovery, 2023.
D. P. Dewi, N. Sismulyasih, D. S. Putri, and N. Afni, PEMAIN BIT IPAS Pengembangan Media Interaktif Berbasis IT IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery, 2023.
S. M. N. Afifah, A. Pratama, A. Setyaningrum, and R. M. Mughni, Inovasi Media Pembelajaran untuk Mata Pelajaran IPAS. Semarang: Cahya Ghani Recovery, 2023.
D. Purnamawati, C. Ertikanto, and A. Suyatna, “Keefektifan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 0, no. 2, pp. 209–219, 2017, doi: 10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2070.
N. Yuliana, “Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, pp. 21–28, 2018, doi: 10.52217/pedagogia.v4i1.732.
Z. Fajri, “Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD,” J. IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 7, no. 2, pp. 64–73, 2019, doi: 10.36841/pgsdunars.v7i2.478.
F. Prasetyo and F. Kristin, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD,” Didakt. TAUHIDI J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 13–27, 2020, doi: 10.30997/dt.v7i1.2645.
A. H. Ramadhani, “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Discovey Learning pada Hasil Belajar Siswa,” Mahaguru J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 96–102, 2021.
T. Windiyani, L. Novita, and A. R. Sakinah, “Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa,” Widyagogik J. Pendidik. dan Pembelajaran Sekol. Dasar, vol. 7, no. 2, pp. 148–163, 2020, doi: 10.21107/widyagogik.v7i2.7441.
M. Fauziah, Y. Sulaeman, and Chandra, “Pengembangan LKS Tematik Bahasa Indonesia Kelas V Melalui Kegiatan Lesson Study Di Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendas, vol. 6, no. 1, pp. 15–22, 2020, doi: 10.31949/jcp.v6i1.1559.
R. Adwiah, F. S. Sundari, and S. Utami, “Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Edudomi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas 3 Sekolah Dasar Berbasis Lesson Study,” Didakt. J. Ilm. FKIP Univ. Mandiri, vol. 09, no. 04, pp. 2224–2233, 2023, doi: https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.
N. I. Sari, S. Rahman, and S. Ahyan, “Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Project-Based Learning melalui Lesson Study,” J. Didact. Math., vol. 4, no. 2, pp. 138–144, 2023, doi: 10.34007/jdm.v4i2.1853.
Y. U. Nuzalifa, “Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Lesson Study Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Sains Indones., vol. 4, no. 1, pp. 48–57, 2021, doi: 10.23887/jppsi.v4i1.31774.
A. Sute, H. Hero, and M. Helvina, “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” J. Teach. Educ., vol. 4, no. 3, pp. 294–302, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12171.
A. D. Prasetyo and M. Abduh, “Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 4, pp. 1717–1724, 2021, doi: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991.
S. M. Hasnan, Rusdinal, and Y. Fitria, “Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar,” J. Basicedu Res. Learn. Elem. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 239–249, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.318.
D. Harefa, “Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” TUNAS Junal Pendidik. Biol., vol. 4, no. 1, pp. 83–99, 2023.
Y. E. R. Lewar, D. M. El Puang, and Y. E. Lawotan, “Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 08, no. 03, pp. 1730–1740, 2023, doi: https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10968.
N. T. Juwitasari, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Penguasaan Konsep Tekanan Melalui Metode Discovery Learning di Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Bogor,” J. Soc. Stud. Arts, Humanit., vol. 03, no. 01, pp. 60–65, 2023, doi: 10.33751/jssah.v3i1.7425.
J. M. Mangangantung, M. I. Penteno, and B. E. J. Komedien, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dikelas IV SD GMIM V Tomohon,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 3, pp. 727–735, 2023, doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.7802176.
DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v5i1.338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.