Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru Biologi dalam Proses Pembelajaran Menggunakan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Maumere

Silvanus Voni, Yohanes Nong Bunga, Oktavius Yoseph Tuta Mago

Abstract


Lembaga pendidikan idealnya memiliki sumber daya manusia yang mumpuni sehingga berdampak positif pada pengembangan institusi secara optimal. Kemampuan yang dimiliki guru akan berpengaruh terhadap proses pembelajaran sehingga tercipta keberhasilan siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi siswa terhadap kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional guru biologi dalam proses pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Maumere. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket dan studi dokumentasi. Keabsahan data ditentukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru biologi di SMA Negeri 2 Maumere memiliki kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional yang mumpuni dengan nilai rata-rata tertinggi 4,00.

Keywords


Guru Biologi; Kompetensi; Persepsi

Full Text:

PDF

References


BSNP. 2010. Paradigme Nasional Abad XXI. Badan Standar Nasional Pendidikan. (Online). (http://.bsnp-indonesia.otg). Diakses pada tanggal 2 Februari 2020.

Manang, M, E,. & Bunga, Y, N. Persepsi Guru Biologi Terhadap Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Calon Guru Biologi di Kabupaten Sikka. Jurnal Mangifera Edu, Vol. 4, no. 2, p. 149, 2020, doi: https://doi.org/10.31943/mangiferaeduv4i2.53

Mukminan. 2014. Tantangan Pendidikan di Abad 21. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan 2014 “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendayagunaan Teknologi Pendidikan” Diselenggarakan oleh Prodi. Teknologi Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya 29 November 2014.

Siswanto. 2010. Tingkat penguasaaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogayakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. 8 (2), 41-51.

Sunarti & Selly, R., 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: ANDI.

Syaripah. 2016. Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Bidang Matematika di Sekolah SMA Negeri 1 Curup Timur T.P 2015/2016. Jurnal EduTech. Vol. 2 (2): 117-131.

Sari & Harini. 2015. Hubungan Persepsi Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Minat Belajar dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika UNION. Vol. 3 (1): 61-68.

Haerullah, A. & Arini Z N. 2018. Analisis Kompetensi Guru Biologi Tersertifikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa di-Kota Ternate. Juranal Biologi dan Pembelajaran. Vol. 5 (2): 1-7.

Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fanani, M. Z. 2016. Persepsi Guru Pamong terhadap Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa. Jurnal Realita. Vol. 14 (2): 220-227.

Hariyadi, S. 2014. Bertanya, Pemicu Kreativitas dalam Interaksi Belajar. Jurnal Biologi Science & Education. Vol. 3 (2): 143-158.

Rahmawati, A. 2018. Kompetensi Sosial Guru dalam Berkomunikasi Secara Efektif dengan Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Rejowinangun 3 Kota Gede Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. Vol. 4 (3): 388-392.

Yusuf, B. 2017. Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan. Vol. 1 (2) 13-20.

Rahman, B. 2014. Refleksi Diri dan Peningkatan Profesional Guru. Jurnal Paedagogia. Vol. 17 (1): 1-12.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v1i3.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.