PENGARUH MPDEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMPK KIMANG BULEN NITA

Theresia Tati, Sukarman Hadi Jaya Putra, Rofinus Galis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran number heads together (NHT) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMPK kelas VII pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non-equivalen control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sempling jenuh. Sempel penelitian adalah siswa kelas VIIA untuk kelas eksperimen dan kelas VIIB untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian penelitian yang digunakan adalah berupa angket dan tes hasil belajar yang berupa tes pilihan ganda. Hasil penelitian kedua kelompok menggunakan uji t di peroleh hasil belajar yaitu 0,000<0,05 dan uji t pada motivasi belajar 0,000<0,05. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran NHT terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMPK Kimang Buleng Nita.

Full Text:

PDF

References


Dimyati & Mudjiono. 2015 Belajar dan pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.

Hamalik, O 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Harsanti G. A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooprtatif Tipe Number Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan Pembelajaran. Vol. 1 November.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Juwaiarah. U. 2017. Pengaruh Penerapan Strategi Number Heads Together Untuk Meningkatkan motivasi dan hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTS Darul Ihsan Hamparan Perak. Jurnal Al- Irsyad. Vol.VIII, No. 1, Janari – Juni.

Lie, A. 2002. Coopertive Learning (Mempraktikan Cooperative Learning di Ruang - Ruang Kelas). Jakarta: PT Gramedia Widiarasana.

Nurhardi. 2004. Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Jakarta: Gramedia Widia Rasana.

Nurlina. 2013. Penerapan Metode Scramble. 2013 Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Muhammdiyah 1 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika. Vol. 1. No.3

Nursyamsi SY., Corebima. D. A., Susilo. H.2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Number Heads Together (NHT) terhadapt Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan Teori Pendidikan dan Pengembangan.Vol :1, No. 10 Bulan Oktober. Hal. 1993-1998.

Pradana. R., Dian. 2010.Pemebelajaran Kooperatif dengan Tekni NHT (Number` Heads Togerher) disertai Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi di SMP Negeri 1 Sukoharjo. Skripsi. Surakarta: Universitas 11 Maret.

Rauf. A., Hala. Y., A. Taiyeb. M. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watampone. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol. 5 No. 1, Januari - Juni.

Sardiman A. M. 2014 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakata: PT. Raja Grafindo.

Sudjana, N 2015. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono, 2017. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulestiyan, 2017. Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Model Guided Inquiri Materi Sistem Pernapasan di SMA N 2 Srangen. Skripsi.Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Trianto. 2007. Model - Model Pembelajaran Inovatif dan Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v1i1.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.