PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI SMP SAN CARLOS HABI

Servasius Sati, Mansur S, Rofinus Galis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII SMP San Carlos Habi melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dengan materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus tindakan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMP San Carlos Habi dengan jumlah siswa 21 orang. Metode pengumpulan data meliputi hasil belajar siswa berupa data hasil tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan pemberian kusioner pada siklus I dengan jumlah 21 orang. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang tuntas meningkat dari siklus I 69,44% menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan nilai hasil belajar siswa pada setiap siklus menunjukan bahwa pembelajaran model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII I SMP San Carlos Habi.

Full Text:

PDF

References


Hamalik, O. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Nur, A., Kundera, I. N., Tangge, L. N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Biologi di Kelas Xi IPA MAN 2 Model Palu: Universitas Tadulako. Jurnal Mitra Sains. 4 (4): 57-66

Yuniastuti, E. 2012. Peningkatan Keterampilan Proses, Motivasi dan Hasil Belajar Biologi dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas Vii SMP Kartika V-1 Balikpapapan: Universitas Tridharma Balikpapan. ISSN:1412-565 X




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v1i1.5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.