Pemanfaatan Greenhouse sebagai Sarana dan Prasarana Pembelajaran Berbasis Lingkungan (Ekoliterasi)

Ana Nurhasanah, Amanda Sabrina Z. P, Salsa Nazela, Solehhudin Wahab

Abstract


Pembelajaran berbasis lingkungan dapat dilakukan sejak dini karena sangat berpengaruh penting terhadap perkembangan kesadaran peserta didik mengenai pengelolaan lingkungan yang baik. Pembelajaran berbasis lingkungan diharapkan dapat mengubah pandangan bahwa sekolah yang baik tidak selalu bergantung pada alat peraga mahal, tetapi dapat menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber pengetahuan lainnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan pemanfaatan greenhouse sebagai sarana dan prasarana pembelajaran berbasis lingkungan di sekolah dasar, membantu menanamkan karakter peserta didik yang peduli lingkungan, menjaga dan melestarikan lingkungan, serta tidak mencemari lingkungan. Dalam penelitian ini juga menunjukkan adanya kemajuan dari pemanfaatan greenhouse dalam ekoliterasi yang terimplementasi melalui berkurangnya penggunaan plastik di lingkungan sekolah.


References


R. D. Septiani, Manajeman Pembelajaran Berbasis Alam. Jawa Tengah, 2020.

Nawawi, “Hubungan Simbiotik Manusia Dengan Lingkungan Dalam Islam,” Humanistika, vol. 6, no. 1, p. 53, 2020.

Arisnandar et al., “Pemanfaatan Greenhouse Sebagai Media Pembelajaran Konstektual,” J. Lepa-lepa Open, vol. 1, no. 2, p. 303, 2021.

Jumirah, P. A. Sari, E. Kusnadi, and A. D. Oktaviani, “Analisis Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Pada Kegiatan Green-Chemistry Dalam Kondisi New Normal Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Pendidik. Sains, vol. 2, no. 1, p. 31, 2021.

R. R. Sani and Novrizal, “Polhut Dan Penyidik KLHK Tangkap Pembalak Liar Di Kawasan Hutan Gunung Melintang Kalbar,” Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, 2016. https://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/3240/polhut-dan-penyidik-klhk-tangkap-pembalak-liar-di-kawasan-hutan-gunung-melintang-kalbar.

D. N. Marpaung, Y. N. Iriyanti, and D. Prayoga, “Analisis Faktor Penyebab Perilaku Buang Sampah Sembarangan Pada Masyarakat Desa Kluncing, Banyuwangi,” J. Kesehat. Masy., vol. 13, no. 1, p. 48, 2022.

Masruroh, “Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Dengan Pendidikan,” J. Pendidik. Geogr., vol. 18, no. 2, p. 133, 2018.

A. I. Maharani, Istiharoh, and P. A. Putri, “Program P5 Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya,” J. Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sos. Hum., vol. 1, no. 2, pp. 177–178, 2023.

R. Andreyani, “Pemanfaatan Greenhouse Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Untuk Budidaya Tanaman Di Lingkungan Sekolah SMA Yadika 8 Jatimulya,” J. Ilm. Penelit. Dan Kependidikan, vol. 6, no. 4, 2022.

T. W. Setyaningrum and G. Gunansyah, “Praktif Pembelajaran Ekoliterasi Berorientasi Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Sekolah Dasar Negeri Kota Surabaya Bagian Barat,” JPGSD, vol. 8, no. 2, p. 377, 2020.

I. S. Pamela and F. Prasetiawan, “Pemanfaatan Greenhouse Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Muatan Pelajaran IPA Sekolah Dasar,” J. Agama Sos. dan Budaya, vol. 5, no. 4, 2022.

A. E. Tikho and G. Gunansyah, “Studi Analisis: Implementasi Program Adiwiyata Di Sekolah Dasar,” JPGSD, vol. 9, no. 9, 2021.

S. Naziyah, Akhwani, Nafiah, and S. Hartatik, “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, 2021.

Z. Abdussamad, Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press, 2021.

W. Yuliani, “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling,” Quanta, vol. 2, no. 2, p. 86, 2018.

I. Oktiani, “Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik,” J. Kependidikan, vol. 5, no. 2, 2017.

H. Susanto, Buku Profesi Keguruan. 2020.

I. Nanda, H. Sayfullah, R. Pohan, and D. suci Windariyah, Untuk Guru Inspiratif. Jawa Barat: CV.Adanu Abimata, 2021.

N. Hazmi, “Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran,” J. Educ. Instr., vol. 2, no. 1, p. 59, 2019.

Sirait, “Perilaku Interaksi Interpersonal Sebelum dan Sesudah Media Digital,” J. Educ. Hum. Soc. Sci., vol. 3, no. 2, pp. 524–532, 2020.

Surtani, “Efek Rumah Kaca Dalam Perspektif Global (Pemanasan Global Akibat Efek Rumah Kaca),” J. Geogr., vol. 4, no. 1, p. 51, 2015.

A. R. Ramadan, “Smart Greenhouse Dengan Metode Fuzzy Mamdani Berbasis Internet Of Things,” 2021.

S. AS and C. Z. A. Dalu, “Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemampuan Ekoliterasi Mahasiswa Arsitektur,” J. Taman Vokasi, vol. 8, no. 2, p. 12, 2020.

N. Darmayanti and R. T. Pratiwi, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Variabel Moderator Kecerdasan Ekologis,” J. Penelit. Pendidik. Dan Ekon., vol. 16, no. 2, p. 95, 2019.

S. Hayati, “Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Jenjang Pendidikan Dasar,” J. Geogr., vol. 7, no. 1, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v5i1.334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.