Pembelajaran Berbasis Masalah Diintegrasikan dengan Teknik Pemetaan Pikiran: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Sistem Imun

Muhammad Ardiansyah, Khairuna Khairuna, Lailatun Nur Kamalia Siregar

Abstract


Bersumber pada hasil riset PISA serta observasi awal penelitian, kemampuan pemecahan masalah siswa pada kajian biologi tergolong masih rendah, sehingga tidak relevan dengan tujuan utama pendidikan Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran berbasis masalah diintegrasikan dengan teknik pemetaan pikiran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem imun. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, hingga didapatkan XI MIA 1 selaku kelas eksperimen dan XI MIA 2 selaku kelas kontrol. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test control group. Instrumen penelitian berupa tes esai yang disusun berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Purnamasari & Setiawan. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,914, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Ditafsirkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah diintegrasikan dengan teknik pemetaan pikiran terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi sistem imun dengan pengaruh sebesar 91,4%.


Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah; Pemetaan Pikiran; Pemecahan Masalah; Sistem Imun

References


K. Illeris, Contemporary Theories of Learning. New York: Taylor & Francis Group, 2018.

C. Allan and F. Honkins, Curriculum: Foundations, Principles, and issues 7th Edition., 7th ed. Seattle: Pearson, 2018.

A. Rasyidin, Pendidikan Islami: Filosofi dan Aplikasi. Medan: Perdana Publishing, 2019.

T. P. T. Al-Qur’an, Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: CV. Diponegoro, 2019.

A. Y. and Rusman, “Implementasi Pembelajaran Abad 21 Dalam Kurikulum 2013,” J. Penelit. Ilmu Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 14–23, 2019.

C. Moore and Anderson, “Putting Nature Back Into Secondary Biology Education: A Framework for Integration,” J. Biol. Educ., vol. 19, no. 2, pp. 69–81, 2021.

F. Adinugraha, S. Lestari, Rina Restanti, and Sarwanto, “Gambaran Pendekatan Pembelajaran Biologi Kurikulum 2013 di SMA Swasta Se-Kabupaten Purworejo,” J. Ilmu Pendidik. Indones., vol. 9, no. 1, pp. 1–17, 2021.

W. Lutfiah, Anisa, and H. Hambali, “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Biologi,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 4, pp. 2092–2098, 2021.

OECD, PISA 2018 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing, 2019.

D. Yustina, Sudjiono, Harun, Merkasih, Strategi Pembelajaran Biologi. Pekanbaru: UR Press, 2018.

S. Seibert, “Problem Based Learning: A Strategy To Foster Generation Z ’s Critical Thinking And Perseverance,” J. Teach. Learn., vol. 19, no. 5, pp. 430–449, 2021.

A. Aslan, “Problem-Based Learning in Live Online Classes: Learning Achievement, Problem-Solving Skill, Communication Skill, and Interaction,” Comput. Educ., vol. 171, no. 3, pp. 1–15, 2021.

G. A. P. O. Citra Dewi and I. N. Suadnyana, “Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 4, no. 2, p. 235, 2020, doi: 10.23887/jppp.v4i2.26788.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.

I. Purnamasari and W. Setiawan, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM),” J. Medives J. Math. Educ. IKIP Veteran Semarang, vol. 3, no. 2, pp. 207–215, 2019.

B. & Thwaites, Thinking Skill: Critical Thinking and Problem Solving 2nd edition. Cambridge: Cambridge University Press, 2013.

A. Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

H. Eisner, Problem Solving-Leaning on New Thinking Skills. New York: CRC Press, 2021.

N. Damayanti and Kartini, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, pp. 107–118, 2022.

Hardani, Sufyan, Wardani, Jorji, and Agus, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2020.

M. Rusydi, A. & Fadhli, Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Puspita, 2018.

F. Yusup, “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif,” J. Tarb. J. Ilm. Kependidikan, vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018, doi: http://dx.doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100.

L. U. Fatimah and K. Alfath, “Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda, dan Fungsi Distraktor,” J. Komun. dan Pendidik. Islam, vol. 8, no. 2, pp. 79–86, 2019, doi: https://doi.org/10.36668/jal.v8i2.115.

D. Nuryadi, Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media, 2017.

D. Hanifa, “Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPA Pada Materi Perubahan Lingkungan Dan Faktor Yang Mempengaruhinya,” Didakt. Biol. J. Penelit. Pendidik. Biol., vol. 2, no. 2, pp. 121–128, 2018.

Almumtazah, “Prediksi Jumlah Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana Jurnal Ilmiah Matematika dan Terapan,” J. Ilm. Mat. dan Terap., vol. 18, no. 1, pp. 31–40, 2021.

Q. Ke Fu, “Impacts of a mind mapping-based contextual gaming approach on EFL students’ writing performance, learning perceptions and generative uses in an English course,” Comput. Educ. J., vol. 137, no. 4, pp. 59–77, 2019.

G. Dewi and I. Suadyana, “Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 4, no. 2, pp. 235–245, 2020.

Nur, Syifa, Ardi, Hanif, and Wulan, “Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas,” J. Pendidik. Biol., vol. 9, no. 2, pp. 28–37, 2020.

R. Humaerah, A. Bahri, and E. Ristiani, “Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar 6(1), 1-6.,” J. Kaji. Pendidik. dan Has. Penelit., vol. 6, no. 1, pp. 1–6, 2020.

Cahyani, “Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Mimb. PGSD undiksha, vol. 7, no. 2, pp. 91–98, 2019.

W. Ula, “Pengaruh Problem Based Learning (PBL) dengan Mind Mapping terhadap Keterampilan Berpikir Kritis”,” J. Belaindika, vol. 1, no. 2, pp. 2–11, 2019.

Jannah, “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains,” J. Inov. Pendidik. Kim., vol. 12, no. 1, pp. 2097–2107, 2018.

R. S., W. Abrew, and V. Nadarajah, “Student’s Perception of Mind Mapping in Problem-Based Learning,” J. Contemp. Med. Educ., vol. 4, no. 2, pp. 60–66, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i3.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.