Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Terapan

Indra Drajat Sopwan

Abstract


Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan mendorong siswa membuat hubungan pengetahuan yang dimilikinya dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mata pelajaran IPA Terapan Sub Materi Sel melalui pendekatan CTL berbasis lembar kerja siswa (LKS). Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas X yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan dan dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktivitas belajar siswa berada pada kategori aktif. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 31,59 (cukup aktif) dan pada siklus II meningkat menjadi 39,75 (kategori aktif) peningkatan sebesar 28,90%. Pada bagian hasil belajar siklus I 75,65 dan pada siklus II 87,45 berarti mengalami peningkatan sebesar 29,70%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) berbasis LKS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X SMK.


Keywords


aktivitas; contextual teaching and learning; hasil belajar; lembar kerja siswa

References


Andarini Tri, dkk. (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan Ctl (Contextual Teaching And Learning ) Melalui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya

Belajar. Jurnal Bioedukasi. Vol. 6. No. 2. Hal. 102-119.

Ardana, W. (2000). Reformasi Pembelajaran Menghadapi Abad Pengetahuan. Bandung: Yrama Widya.

Blanchard, A. (2001). Contextual Teaching And Learning. Jakarta: B.E.S.T. Depdiknas. (2002_. Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Fajri, Nurul; Hajidin; Ikhsan, M. (2013). Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2), 149–161.

Hasma A. dkk. (2019). Contextual teaching and learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi aritmatika social. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika. Vol. 5. No. 2.

Jhonson. (2000). Contextual Teaching And Learning : What It Is And Why It’s Here To Stay. Terjemahan Ibnu Setiawan. Bandung: Mlc.

Nurhadi B. Y. , Agus Gerrad, S. (2003). Pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching And Learning/Ctl) Dan Penerapannya Dalam Kbk. Universitas Negeri Malang (Umpress): Ikip Malang.

Ulandari S.A., dkk. (2021). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantuan Media Information And Comunication Technology (ICT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja. Volume 1 Nomor 1.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta:Kencana.

Sukidin, Dkk. (2008). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i3.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.