Tingkat Korelasi serta Persentase Permasalahan Motivasi, Minat dan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 6 Padang

Lidya Yohana, Lufri Lufri

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran biologi tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat menimbulkan permasalahan siswa dalam belajar. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi mengenai hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase permasalahan motivasi, minat dan konsentrasi belajar serta tingkat korelasi antara motivasi dengan minat belajar, motivasi dengan konsentrasi belajar, dan minat dengan konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi di SMAN 6 Padang. Penelitian deskriptif ini merupakan penelitian pada populasi yaitu siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 158 orang sekaligus sebagai subjek penelitian yang menghasilkan data primer dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian menunjukkan persentase permasalahan pada aspek motivasi belajar 27%; aspek minat belajar 22%; dan aspek konsentrasi belajar 22%. Hasil koefisien korelasi antara motivasi dengan minat belajar 0.762; motivasi dengan konsentrasi belajar 0.816; dan minat dengan konsentrasi belajar 0.731. Dapat disimpulkan pada aspek motivasi, minat dan konsentrasi belajar siswa terdapat permasalahan tingkat rendah serta antara motivasi dengan minat belajar, motivasi dengan konsentrasi belajar, dan minat dengan konsentrasi belajar tingkat korelasinya kuat hingga sangat kuat. Diharapkan hasil penelitian dapat membantu guru untuk mengidentifikasi permasalahan siswa dalam belajar dan sebagai penelitian yang relevan.


References


A. Sudijono, Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

F. Budiyono, “Analisis Kesulitan Siswa dalam Belajar Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran IPS di SDN Gapura Timur I Sumenep”, Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, vol. 8, no. 1, pp. 60, 2018.

F. Suralaga, Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2021.

H. B. A. Jayawardana, dan R. S. D. Gita, “Inovasi Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0”, Prosiding Seminar Nasional Biologi, pp. 58-66, 2020.

I. Katz, et al., “Interest as a Motivational Resourse: Feedback and Gender Metter, but Interest Makes the Difference”, Journal of Sosial Psichology of Education, vol. 29, pp. 27-42, 2006.

L. Rahmawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif-Produktif terhadap Peningkatan Aktifitas Belajar Siswa Kelas X pada Pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Purwokerto”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Purwokerto, Indonesia, 2016.

M. Anah, “Analisis Korelasi Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Intrinsik”, Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, vol. 5, no. 1, pp. 10-16, 2018.

Marlina, Asesmen Kesulitan Belajar. Padang: Prenadamedia Group, 2019.

M. Faisal, “Problematika yang Dihadapi Siswa dalam Memahami Pelajaran Biologi pada SMA Negeri 1 Darusallam”, Skripsi, UIN Ar-Raniry Darusallam, Banda Aceh, Indonesia, 2016.

M. R. Irachmat, “Peningkatan Perhatian Siswa pada Proses Pembelajaran Kelas III Memalalu Permainan Icebreaking di SDN Gebongan”, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 2, no. 4, pp. 1-7, 2015.

M. S. Basri, A. M. Yohani, dan I. Suri, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Bahasa Jepang Universitas Riau”, Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, vol. 8, no. 1, pp. 217-225, 2022.

M. Vergina, “Pengaruh Minat terhadap Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Tambang”, Skripsi, UIN Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Indonesia, 2021.

N. Hidayah, dkk., Psikologi Pendidikan. Malang: UM, 2017.

N. M. Dinatha, dan D. N. L. Laksana, “Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu”, Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, vol. 2, no. 2, pp. 214-223, 2017.

R. T. Sari, dan S. Angreni, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa”, Jurnal Varidika, vol. 30, no. 1, pp. 79-83, 2018.

S. Arikunto, Prosedur Penilaian. Jakarta: Rineka Cipta, 2019.

S. Cholifah, W. Hendri, dan L. Deswati, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Mengungkapkan Pertanyaan pada Proses Pembelajaran Biologi Kelas VII SMP Bunda Padang”, Jurnal Pendidikan, vol. 2, no. 4, 2013.

S. Rizky, “Hubungan Antara Minat Baca dengan Konsentrasi Belajar pada Siswa Kelas VII SMP 10 Negeri Muaro Jambi”, Skripsi, Universitas Jambi, Jambi, Indonesia, 2020.

S. Sianturi, dan T. Gultom, “Analisis Kesulitan Belajar dan Hubungannya dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2015/2016”, Jurnal Pelita Pendidikan, vol. 4, no. 1, pp. 171, 2016.

S. T. Apra dan E. Marina, S., “Analisis Masalah Pendidikan Biologi pada Sekolah Menengah Pertama di Era Pandemi Covid-19”, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 6, no. 2, pp. 214-224, 2020.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia, 2007.

W. Nugroho, Belajar Mengatasi Hambatan Belajar. Jakarta: Prestasi Pustaka Publishing, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i3.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.