Meta-Analisis Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Biologi di Jenjang SMA

Niken Ari Anggraeni, Nani Sunarmi

Abstract


Model pembelajaran discovery learning telah banyak diterapkan dalam proses pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan. Namun, belum diketahui bagaimana efektivitas model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis terkhususnya mata pelajaran Biologi di jenjang SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana meta-analisis model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis, terhadap materi pelajaran Biologi, dan berdasarkan wilayah di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis yaitu dengan menganalisis kembali hasil penelitian terdahulu. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis besaran pengaruh (effect size) dengan rumus Glass. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 11 hasil publikasi ilmiah berupa jurnal penelitian, skripsi, dan tesis. Berdasarkan hasil analisis rata-rata, hasil perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis yaitu sebesar 0,55 dan termasuk kedalam kategori yang besar. Perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning terhadap materi pelajaran Biologi yaitu sebesar 0,55 dan termasuk kedalam kategori yang besar. Perhitungan nilai effect size model pembelajaran discovery learning berdasarkan wilayah di Indonesia untuk wilayah pulau Jawa sebesar 0,42 dan termasuk kedalam kategori besar, sedangkan untuk wilayah pulau Sumatera sebesar 0,61 dan termasuk kedalam kategori besar, untuk wilayah pulau Sulawesi nilai effect size sebesar 0,68 dan termasuk kedalam kategori besar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning sangat efektif apabila diterapkan pada pembelajaran Biologi di jenjang SMA karena dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.


Keywords


Biologi; Discovery Learning; Kemampuan Berpikir Kritis; Meta-Analisis

References


A. Nugrahaeni, I. W. Redhana, and I. M. A. Kartawan, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia,” J. Pendidik. Kim. Indones., vol. 1, no. 1, p. 23, 2017, doi: 10.23887/jpk.v1i1.12808.

N. I. Cintia, F. Kristin, and I. Anugrahaeni, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Nichen Irma Cintia , 2 Firosalia Kristin & 3 Indri Anugraheni Universitas Kristen Satya Wacana INCREASING STUDENTS ’ THINKING CREATIVE ABILITY AND,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 32, no. 1, pp. 69–77, 2018, [Online]. Available: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/download/6666/4909/&ved=2ahUKEwjHr9-W6IriAhXFgeYKHZolBawQFjACegQIBRAB&usg=AOvVaw0NKehPpgnsIr_syA3N9Itv&cshid=1557280285653

M. A. Sidiq and T. Prasetyo, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 4, no. 2, pp. 361–370, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i2.358.

M. W. Setiyadi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Educ. Sci. Technol., vol. 3, no. 2, p. 102, 2017, doi: 10.26858/est.v3i2.3468.

P. Guru and S. Dasar, “Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Karlina Wong Lieung The Effect of Discovery Learning Models on Skills Critical Thinking of Primary School,” Musamus J. Prim. Educ. •, vol. 1, no. 2, pp. 73–82, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.unmus.ac.id/index.php/primary/index

H. Retnawati, E. Apino, Kartianom, H. Djidu, and R. D. Anazifa, Pengantar Analisis Meta (Edisi 1), no. July. 2018.

T. Stijnen, I. R. White, and C. H. Schmid, Analysis of Univariate Study-Level Summary Data Using Normal Models. 2020. doi: 10.1201/9781315119403-4.

W. Lestari, “Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika,” SAP (Susunan Artik. Pendidikan), vol. 2, no. 1, pp. 64–74, 2017, doi: 10.30998/sap.v2i1.1724.

Fahmi, I. Setiadi, D. Elmawati, and Sunardi, “Discovery Learning Method for Training Critical Thinking Skills of Students,” Eur. J. Educ. Stud., vol. 6, no. 3, pp. 342–351, 2019, doi: 10.5281/zenodo.3345924.

M. S. Wiranto J. Bororing*1 and Christny Rompas, “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Melalui Metode Eksperimen,” JSPB Bioedusains, vol. 1, no. 1, pp. 12–18, 2020.

Kemenristekdikti, Statistik Pendidikan Tinggi (Higher Education Statistics) 2019. 2019. [Online]. Available:

http://www.mohe.gov.my/web_statistik/




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i3.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.