Meta Analisis Pengaruh Media Audio-Visual terhadap Hasil Belajar IPA

Aulia Hafifah

Abstract


Abstrak. Guru dan buku teks tidak lagi menjadi sumber belajar satu-satunya yang utama dan tidak ada bandingannya. Bahkan dengan beberapa tombol keyboard, para pelajar dapat menjelajahi berbagai informasi dunia, memperoleh akses dari perpustakaan dan sekumpulan informasi penting lainnya untuk mendapatkan pengetahuan dan ketrampilan barunya. Proses pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan psikologis peserta didik pada berbagai tingkatan usia. Proses pembelajaran akan lebih efektif dan berhasil jika pendidik mampu untuk menciptakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan jenjang usia peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa dengan metode penelitian ini adalah Meta-analisis dari 20 artikel terkait dengan melihat nilai pretest-postest kemudian menggunakan analisa Gain. Perolehan rata-rata untuk pretest adalah 50,11065 dan rata-rata posttes adalah 77,39465. 

Keywords


Hasil Belajar; IPA; Media Audio Visual; Meta Analisis

References


Hasan, A. M., Elya, N., Masra, L., & Nurrijal, Buku Ajar Strategi Belajar Mengajar Biologi. Gorontalo: PENERBIT UNG Press, 2017.

Fikri, H., Dan Ade Sri Madona, Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI), 2018.

Hasan, M., at al. Media Pembelajaran, Klaten: Penerbit Tahta Media Group, 2021.

Wibawanto, W, Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif, 2017.

Jannah, R, Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press, 2009.

Fahyuni, E.F, Teknologi, Informasi, Dan Komunikasi (Prinsip Dan Aplikasi Dalam Studi Pemikiran Islam). Sidoarjo: UMSIDA Press, 2017.

Retnawati, R., Ezi, A., Kartianom., Hasan, D., & Rizqa D. A, Pengantar Analisis Meta. Sorowajan Baru: Parama Publishing, 2018.

S. Nanda, M. T., Lusiawati, D., & Santoso, “Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash 8.0 Terhadap Hasil Belajar Biologi pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia.,” J. Pendidik. Sains, vol. 7, no. 2, 2019, [Online].

Magfirah, N, “Peranan Video Youtube sebagai Alternatif Media Pembelajaran Di Masapa Pandemi,” JRIP J. Ris. dan Inov. Pembelajaran, vol. 1, no. 2, 2021.

Kusumahwardani, D., Ading, P., & Meti, M, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Animasi Audiovisual Berbasis Animaker Pada Materi Sistem Gerak Manusia,” vol. 8, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1665.

Tanjung, S. R, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Gerak Pada Manusia Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sibabangun,” J. Edugenes., vol. 4, no 2, 2021, [Online].

Yulia, R. F., Anda, J., & Asep, M, “Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Materi Fungi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X di SMA NU Juntinyuat,” J. Pendidik. Fis. dan Sains, vol. 4, no. 1, 2021

Ege, M., & Mario, A. S, “Pengaruh Media Audio-Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia,” Vox Edukasi, vol. 3, no. 2, 2012, [Online]. Available: http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/VOX/article/view/416.

Huda, M. R. N., Yohana M., & Yohana N, “Pengaruh Media Pembelajaran Video Dilengkapi Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa SMA pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Indones. Gemilang, vol. 2, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://journal.gmpionline.com/index.php/jpig/article/view/60.

Elsani, S., Akhmad, N., & Yusuf, S, “Pengaruh Media Video Siklus Hidup Hewan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Mugarsari,” EduBasic J. J. Pendidik. Dasar, vol. 1, no. 2, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic/article/view/26823.

Jasmanto, A., Betaria, P,. & Novinovrita, “Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA Madrasah Aliyah Swasta Koto Rendah,” J. Pendidik. Dan Konseling, vol. 4, no. 1, 2022

Putri, D. I, “Pengaruh Media Video Demonstrasi Pembedahan Hewan Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Struktur Hewan Di Prodi Pendidikan,” J. Life Sci., vol. 1, no. 2, 2019, [Online].

Noviyanto, T. S. H., Nengsih, J., & Eny, S. R, “Penggunaan Media Video Animasi Sistem Pernapasan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi,” EDUSAINS, vol. 7, no 1, 2015, [Online]. Available: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/1215.

Rahmayanti, L, “Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn Se-Gugus Sukodono Sidoarjo,” JPGSD, vol. 6, no. 4, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23606.

Hasanah, M. Ruqiah, G. P. P., & Eka, A, “Pengaruh Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Sub Materi Sistem Hormon,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 2, 2017,

Utami, N., & Khairuddin, M, “Perbedaan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Penggunaan Media Video Dengan Media Powerpoint Melalui Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Di SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2020/2021,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 5, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://www.jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/120.

Prabowo, P., & Tasmalina, “Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Spermatophyta di SMA Swasta Nurul Amaliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2015/2016,” Biol. Educ. Sci. Technol., vol. 1, no. 1, 2018.

Syamsu, F. D, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Kelas X Ipa Di Sma Negeri I Meureubo Aceh Barat,” Genta Mulia, vol. 10, no, 1, 2019

Agustiany, R., Endang, H., Nur, I, “Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa melalui Penggunaan Media Audio Visual dan Media Peta Konsep pada Materi Ekosistem,” J-KIP (Jurnal Kegur. dan Ilmu Pendidikan), vol. 2, no. 1, 2021.

Oktarini, D., Jamaluddin., & Imam Bachtiar, “Efektivitas Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMPN 2 Kediri.,” J. Pengkaj. Ilmu dan Pembelajaran Mat. dan IPA “PRISMA SAINS, vol. 2, no. 1, 2014, [Online]. Available: http://e-journal.undikma.ac.id/index.php/prismasains/article/view/1048.

Siboro, T. D., & Sumarny, T. P, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa di Era Pandemi covid-19,” J. Pembelajaran Dan Biol. Nukl., vol. 8, no. 1, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/nukleus/article/view/2482.

Riska, E. L., Anatje, L., & Helen, J. L, “Pemanfaatan Media Audio Visual Berbasis Movie Learning dalam Pembelajaran Biologi pada Konsep Virus di SMA Negeri 2 Pineleng,” JSPB BIOEDUSAINS J. SAINS Pendidik. Biol., vol. 2, no. 1, 2021.

Khomaidah, S., & Nyoto, H, “Meta-Analisis Efektifitas Penggunaan Media Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA,” Indones. J. Educ. Res. Revie, vol. 2, no. 2, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i3.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.