Pengembangan Media Pembelajaran E- Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Biologi

Nova Ramadhani, Rahmadhani Fitri

Abstract


Guru berperan sangat penting dalam proses pembelajaran salah satu dengan
memilih media pembelajaran yang tepat. Pada masa sekarang ini guru masih banyak
mengalami kesulitan dalam menjelaskan materi pembelajaran yang disebabkan oleh
materi yang terlalu banyak dengan waktu yang singkat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Pengembangan Media Pembelajran E-Learning Berbasis Edmodo Pada
Mata Pelajaran Biologi. Ini Penelitian dilakukan dengan mereview beberapa jurnal
berskala nasional di Indonesia. Jurnal yang digunakan sebanyak 2 jurnal yang ISSN.
Hasil yang didapat dari review jurnal adalah bahwa media pembelajaran berbasis
edmodo layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini dibuktikan
dengan penelitian yang dilakukan oleh Megawati Apriliyana (2017), Epinur, Yusnidar,
dan Lestrai Eka Putri(2013)
Teachers play a very important role in the learning process, one of which is by
choosing the right learning media. At this time, teachers still have many difficulties in
explaining learning material caused by too much material in a short time. This study
aims to determine the development of Edmodo-Based E-Learning Learning Media in
Biology Subjects. This research was conducted by reviewing several national-scale
journals in Indonesia. The journals used were 2 journals with ISSN. The results
obtained from the journal review are that the Edmodo-based learning media is
feasible to be used in the teaching and learning process. This is evidenced by
research conducted by Megawati Apriliyana (2017), Epinur, Yusnidar, and Lestrai Eka
Putri (2013)


Keywords


E-learning, Edmodo, Media Pembelajaran

References


Boyd , L ( 2019 ) . Using Technology - Enabled Learning Networks to Drive Module Improvements in the UK OpenUniversity . Journal of Interactive Media in Education , 2019 ( 1 ) , 1-7 .

Darmawan , D. 2014. Pengembangan E - learning Teori dan Desain . Bandung : PT . Remaja Rosdakarya Dwiharja , Laksmi Mahandrati . Memanfaatkan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Akutansi . Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015 .

Hanifah , H. , Supriadi , N. , & Widyastuti , R. ( 2019 ) . Pengaruh Model Pembelajaran E learning Berbantuan Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik . NUMERICAL : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 3 ( 1 ) , 31-42 .

Haryadi , R. , & Jannah , R. ( 2020 ) . Pembelajaran Daring Fisika Pada Siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ) . Edumaspul : Jurnal Pendidikan , 4 ( 2 ) , 264-268 .

Hignasari , L. V. , & Supriadi , M. ( 2020 ) . Pengembangan E - Learning dengan Metode Self - Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta . Jurnal Kependidikan , 6 ( 2 ) , 206-219 .

Hourdequin , P. 2014 , Edmodo : A Simple Tool for Blended Learning . London : The Language Teacher38 .

Sofnidar , S. , & Yuliana , R. ( 2018 ) . Pengembangan Media Melalui Aplikasi Adobe Flash Dan Photoshop Berbasis Pendekatan Saintifik . Jurnal Gentala Pendidikan Dasar , 3 ( 2 ) , 257-275 .

Windhiyana , E. ( 2020 ) . Dampak Covid - 19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia . Perspektif Ilmu Pendidikan , 34 ( 1 ) , 1-8 .




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i3.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.