Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnosains pada Mata Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik: Literatur Review
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asyhari, A., & Putri, G. (2017). Pengaruh Pembelajaran Levels of Inquiry Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa pembelajaran yang berorientasi inkuiri . Wenning ( 2005 ) menerangkan bahwa hierarki semula ada pada guru menjadi kepada siswa . dilakukan di kelas dalam mengembangkan keteram. Scientae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 87–101.
Daista Gusmarti. (2021). Pengembangan Modul Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Etnosains Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Jiwa Konservasi Siswa Smp Kelas Vii. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, Dan Pengembangan, 3(2), 97–101. https://doi.org/10.55273/karangan.v3i2.135
Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/1291
Junita, I. W., & Yuliani. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Etnosains Untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Pada Materi Transpor Membran. Bioedu: Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 11(2), 356–367.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Th. 2016 No. 021 Ttg. Standar Isi Pend. Dasar _ Menengah. 1–4.
Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.
Kristyowati, R., & Purwanto, A. (2019). Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 183–191. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p183-191
Mahendrani, K., & Artikel, I. (2015). Unnes Science Education Journal PENGEMBANGAN BOOKLET ETNOSAINS FOTOGRAFI TEMA EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMP. Usej, 4(2), 2015. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Novitasari, L., Agustina, P. A., Sukesti, R., Nazri, M. F., & Handhika, J. (2017). Fisika, Etnosains, dan Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Fisika III 2017, 81–88.
Nuralita, A., & Reffiane, F. (2020). Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 457–467. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/28185
Rahayu, W. E., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943
DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i3.70
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.