ANALISIS RESPON PENONTON MELALUI DISEMINASI ONLINE PENDIDIKAN LITERASI VLOG FAMILY SANITARY

Sulasfiana Alfi Raida, Ma’ruf Al Haris, Ayu Amaliana Dewi, Rizqi Handayani, Novi Lailatul Fitriani, Roviana Istiqomah, Toyib Wahyu Nugroho

Abstract


Sosialisasi Family Sanitary memiliki peran penting dalam proses untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam kesehatan dan hidup sehat serta dapat mewujudkan perilaku sanitasi kesehatan untuk mencegah penyakit. Rumusan masalahan dari penelitian ini adalah  “Bagaimana respon penonton pada sosialisasi literasi sains Family Sanitary tentang tips mencuci tangan dengan sabun via YouTube?”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif (Quantitative  Researc) menjadi metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini untuk mengetahui respon penonton pada sosialisasi literasi sains Family Sanitary tentang tips mencuci tangan dengan sabun. penelitian yang telah dilakukan melalui video vlog family sanitary dapat diambil kesimpulan bahwa didapat strategi sosialisasi melalui YouTube mendapat respon baik dari warganet. terlihat dari komentar-komentar yang positif dari warganet dan juga like serta tanpa adanya dislike

Keywords


Desiminasi; Literasi; Family Sanitary

References


Anggaraeni, Rr Christiana Mayang. (2016). Hubungan Pengetahuan Sanitasi dan Higiene Dengan Sikap Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Yogyakarta Di Laboratorium Boga. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arnita, Ayu. (2011) . Gambaran Sanitasi Lingkungan Di Dusun Bassiu Desa Gunturu Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alaudddin Makassar.

Celesta, Almas Ghassani dan Nurul Fitriyah. (2016). Gambaran Sanitasi Dasar Di Desa Payaman, Kabupaten Bojonegoro tahun 2016. Jurnal Kesehatan Lingkungan . Vol 11. No 2.

Daud, Anwar. (2007). Analisis Kualitas Lingkungan. Healthy and Sanitation: Makassar.

David, Eribka Ruthellia dkk. (2017). Pengaruh Konten Vlog Dalam YouTube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Saam Ratulangi. E-journal “Acta Diurna” Vol. VI. No. 1 Tahun 2017.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Jakarta: 5

Martono dan Satino. ( 2015). Model Asuhan Keperawatan Komunitas Untuk Percepatan MDGs Sektor Perilaku Sanitasi Kesehatan. Jurnal Ners Vol. 10 No. 2 Oktober 2015: 301-307.

Mustikawati, Intan Silviana. (2017). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Studi Kualitatif pada Ibu-Ibu di Kampung Nelayan Muara Angke Jakarta Utara: Studi Kualitaif. ARKESMAS, Volume 2, Nomor 1, Januari-Juni 2017.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2005). Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta,Jakarta.

Puspitasari, Anggi Ria. (2011). Respon Siswa SMP Negeri 3 Kelapa Bangka Belitung Terhadap Film Laskar Pelangi. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Roat, Charly dkk (2018). Gambaran Kesehatan Lingkungan Sekolah Di Wilayah Kerja Puskesmas Tongkaina Tahun 2018. Jurnal KESMAS, Vol. 7 No.5, 2018.

Sidhi, Alifia Nugrahani dkk. (2016) . Hubungan Kualitas Sanitasi Lingkungan Dan Bakteriologis Air Bersih Terhadap Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerka Puskesmas Adiwerna Kabupaten Tegal . Fakultas Kesehatan Masyarakat: Universitas Diponegoro. Jurnal Kesehatan Masyarakat vol 4, No. 3, Juli 2016.

Syarif, Jamal. Sosialisasi Nilai-Nilai Kultural Dalam Keluarga. Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Banjarmasin.

World Health Organization. (2020). Anjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks covid 19.

Zaini, Riza Ahmad. (2018). Analisis Pesan Dakwah Dalam WEB SERIES Pulang-Pulang Ganteng Episode 3-5 Di YouTube. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i1.58

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.