PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Apolonia Bernadina, Yohanes Nong Bunga, Oktavius Yoseph Tuta Mago

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM)  berbasis Scientific Learning pada materi keanekaragaman hayati. Jenis penelitian ini adalah Research and development dengan model ADDIE. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi, angket tanggapan pendidik dan peserta didik dan N-gain.  Subjek dalam penelitian ini, yaitu pada uji coba skala kecil dengan jumlah peserta didik 2 orang dan 1 orang pendidik biologi sedangkan pada uji coba skala besar melibatkan 25 orang peserta didik dan 2 orang  pendidik biologi. Hasil penelitian menunjukan tingkat validitas dari validator materi sebesar 90, validator bahasa 88 dan validator media 82. Kelayakan media pembelajaran UKBM  pada uji coba skala kecil oleh pendidik diperoleh skor rerata 121 dalam kategori sangat layak dan peserta didik 66 dikategori cukup layak sedangkan hasil angket kelayakan media UKBM pada Uji coba skala besar oleh pendidik skor rerata 127 dalam kategori sangat layak dan peserta didik diperoleh skor rerata 80,36 dengan kategori sangat layak. Peningkatan analisis N-gain dari rata – rata nilai pretest sebesar 60 dan nilai postest sebesar 81,404 diperoleh N-gain 0,52 dengan kategori sedang. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa UKBM sangat efektif dalam pembelajaran.


Keywords


ADDIE; Keanekaragaman Hayati; Scientific Learning; UKBM

References


Astuti, Agustina Dewi I., Asep Sumarni, R., & Luhur Saraswati, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. Https://Doi.Org/: Doi.Org/10.21009/1.03108

Aziziy, Y. N., Wiyanto, Sulhadi, & Mindyarto, B. N. (2019). Desain Unit Kegiatan Belajar Mandiri (Ukbm) Dalam Mengembangkan Keterampilan Scientifik Collaboration Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika. Seminar Nasional Pascasarjana.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–43. Https://Doi.Org/10.21070/Halaqa.V3i1.2124

Danang, Setyadi, & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Matematika Kreatif - Inovatif.

Dimyati, & Mujiono. (2002). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Dwipayanti, N. K. I., Citrawathii, D. M., & Juliasih, K. S. M. (2020). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Berbasis Stem Pada Materi Sistem Respirasi Dengan Berbantuan Edmodo Untuk Kelas Xi Mipa Di Sma. Pendidkan Biologi Undiksha, 7(2).

Efriana, F. (Maret2014). Penerapan Pendekatan Scientificuntuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswakelas Vii Mtsn Palu Barat Padamateri Keliling Dan Luasdaerah Layang-Layang Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2), 170–181.

Fadlillah. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Sd/Mi, Smp/Mts, Sma/Ma. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fajriiyah, M. I. (2018). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (Ukbm) Hukum Newton, Berbasis Core (Content Representation) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Skripsi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang.

Gazali, A. (2012). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Dan Pengalaman Mengajar Terhadap Profesionalisme Guru Smk Kompetensi Keahlian Teknik Audio-Video Se Kota Yogyakarta. Universitas Negeri.

Ghozali, I. (2017). Pendekatan Scientific Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Madrasah Ibtidaiyah, 04(01), 1–13.

Hake, R. R. (1998). Interaktif- Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey Of Mecanic Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal Of Physics, 66(1), 66–74. Https://Doi.Org/10.1119/1.18809

Hidayati. (2014). Upaya Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Ipa Siswa Kelas Viii Smp Negeri 12 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 Melalui Model Pembelajaran Konstruktivisme. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 1(1).

Hidayati, H., & Endryansyah. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Scientific Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii. Compotan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).

Ine, M. E. (2015). Penerapan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Pasar. Prosiding Seminar Nasional.

Irwantha, M. D., Ayu Putu Sriasih, S., & Nurjaya, G. (2017). Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri Oleh Guru Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas X Mipa 2 Sma Negeri Bali Mandara. E-Journal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 1–12.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta.

Kunandar. (2013). Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Pt. Rajagrafindo Persada.

Kurniawati, L. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Ukbm (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) Pada Pembelajaran Matematika Di Kabupaten Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Lestari, E. (2013). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan, 14(2), 80–87.

Lusiana. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Melalui Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Wahana Didaktika, 12(2), 103.

Masjid, M. I., & Linuwih, S. (2019). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (Ukbm) Materi Usaha Dan Energi Berbasis Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Unnes Physics Education Journal, 8(3).

Mulyani, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Student Teams Achievement Divisions (Stad) Berkombinasi Drill And Practice Dengan Memperhatikan Kemampuan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Konsep Mil Kelas X Mipa Sma Negeri 3 Surakarta Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 71–79.

Nasiroh, D., & Himmawati. (2014). Pengembangan Ukbm Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Barisan Dan Deret Untuk Siswa Smp Terbuka Kelas Ix. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 5(3).

Nuari, A. Jermy, Lestari, R., & Dahlia. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Di Sma Negeri 1 Rambah Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Parera, K. Kartini, Maria, Y., & Sry, Sulystyaningsih N. D. Tiring. (2019). Pengembangan Ukbm Berbasis Learning Cycle Model Se Pada Materi Kelautan Elektrolit Kelas X Mia Sman 1 Maumere. Spin ( Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1).

Permatasari, R. R. N., & Wakhyudin, H. (2017). Pengembangan Media Misugi Anaya Pada Pembelajaran Ipa Materi Sumber Energi Dan Kegunaannya. Prosiding Seminar Nasional Hima Dan Prodi Pgsd 2017, 10.

Primajaya, V. A., Indahwati, N., & Rachman Syam Tuasikal, A. (2019). Pengembangan Ukbm Berbasis Identifikasi Kd Dan Pengambilan Semester Pada Mata Pelajaran Pjok Jenjang Sma Yang Mengimplementasikan Sistem Kredit Semester. Jurnal Teladan, 4(2), 136–140.

Rohandi, R. (2005). Pendidikan Sains Yang Humanistik: Memperdayakan Anak Melalui Pendidikan Sains. Yogyakarta: Kanisius.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Prenada : Jakarta.

Shafa. (2014). Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013. Dinamika Ilmu, 14(1), 81–93.

Sudarwan, D. (2013). Menjadi Peneliti Kualitatif. Cv Pustaka Setia : Bandung.

Sufairoh. (2016). Pendekatan Scientific & Model Pembelajaran K-13. Jurnal Pendidikan Profesional, 5(3), 120.

Tarigan, D. (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sdn 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano, 5(1), 1–7.

Tawil, A. H. M. (2014). Penerapan Pendekatan Scientific Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Di Kelas Vii Smpn 6 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulak, 2, 88–96.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan Dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif Iv, 208–216.

Tiring, S. S. (2019). Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Kimia Berbasis Discoveri Learning Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIA SMA Negeri 1 Maumere. Jurnal Akrab Juara, 4(3), 1–13.

Widodo &, J., STP. (2008). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Elex Media Komputindo : Jakarta, 8(2), 169.

Wiharni, E. (2018). Pengembangan UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kingdom Plantae Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains, Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X di SMA Katolik St. Albertus Malang. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Yunus, A. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung : Refika Aditama., 336




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i1.57

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.