UJI KANDUNGAN GIZI TAMBELO (Bactronophorus sp.) YANG DIBUDIDAYAKAN DI SUNGAI SIMATALU OLEH MASYARAKAT DESA SIMATALU KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI PROVINSI SUMATERA BARAT

Bernadus Esli Salembeheu, Leonardus Banilodu, Chatarina Gradict Semiun

Abstract


Gizi merupakan komponen penting dalam bahan pangan untuk menunjang kesehatan manusia. Salah satu bahan pangan yang dikonsumsi adalah makanan tradisional dari desa Simatalu yaitu Tambelo. Makanan khas Tambelo ini belum diketahui kandungan gizinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kadungan gizi yang terdapat pada Tambelo (Bactronophorus sp.) hasil pembudidayaan masyarakat desa Simatalu. Sampel Tambelo segar diperolehdarisungaiSimatalu yang merupakanhasilbudidaya. Sampel tersebut kemudian dianalisis kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan mineral yang dilakukan di Laboratorium Fakultas MIPA Universitas Negeri Padang.Penetapan kandungan kabohidrat menggunakan metode Spektrofotometri, protein menggunakan metode Kjeldahl, dan lemak menggunakan metode Soxhlet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadungan gizi Tambelo memiliki presentase gizi rata-rata karbohidrat 1,49%, protein 0,46% dan, lemak 6,4%. Kandungan gizi Tambelo yang dibudidayakan masyarakat desa Simatalu memiliki presentase karbohidrat dan protein yang rendah. Hal ini dipengaruhi oleh faktor media (kayu) tempat Tambelo hidup.

Keywords


Tambelo; Kandungan gizi; desa Simatalu

References


Anggraeni, Ratih. 2019. Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Satatus Gisi Siswa Di Sma Harapan 1 Medan. Jurnal Ilmiah Faramasi Imelda, 2 (2): 20-22.

BBLK, 2014. Kementrian Kesehatan RI.Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Balai Laboratorium Makassar. Balai Besar Laboratorium Kesehatan. Makassar

Juliana Leiwakabessy. 2011. Komposisi Kimia dan Identifikasi Senyawa Antioksidan Dari Ekstrak Tambelo (Bactronophorus thoracites). Tesis. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Bogor

Lely Okmawaty Anwar, Hardjito, Linawati Desniar. 2015 Komposisi Kimia Tambelo (Bactronophorus sp.) Dan Karakteristik Produk Hasil Fermentasinya. Bogor Agricultural University (IPB)

Riviani, Sri Purwaningsih, Kustiariyah Tarman. 2016. Profil Asam Amino, Asam Lemak, Kandungan Mineral Tambelo (Bactronophorus sp.) Dari Kendari Sulawesi Tenggara. Profil Asam Amino, Asam Lemak, Kandungan Mineral. JPHPI , 19 (1) : 51-57.

Riani, 2013, Penentuan Kadar Protein dengan Metode Kjehdahl, http://rianitusaya.blogspot.com.2012/10/protein-metode-kjehdahl.html.

Syaputra D, Ibrahim B, Poernomo D. 2007. Produk Fermentasi Ikan Dari Cacing Kapal Bactronophorus sp. Segar. Jurnal Sumberdaya Perairan, 1:12-14.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i1.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.