PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS XI IPA DI SMA ST. GABRIEL MAUMERE

Maria Patrisia Ivonie Babang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses terhadap keterampilan proses sains siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah siswa SMA St. Gabriel Maumere kelas XI IPA berjumlah 57 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random samplling. Sampel penelitian masing-masing berjumlah 19 orang untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes dan lembar observasi. Analisis data menggunakan Ancova dan Mancova.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses sains terhadap keterampilan proses sains.

Keywords


Pendekatan Keterampilan Proses Sains

References


Nuryani Y. Rustaman.(2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: IKIP Malang.

Conny Semiawan, dkk.(1986). Pendekatan keterampilan proses sains. Jakarta : PT. Gramedia.

Isjoni dan Mohd. Arif Ismail.(2008). Model-model pembelajaran mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto.(2012). Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Sukmadinata Nana Syaodih.(2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Arief Husein Maulani dan Moh. Syarif. (2016). Modul guru pembelajar. mata pelajaran biologi sekolah menengah atas. kelompok kompetensi c. Jakarta : Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).

Srini M. Iskandar.1997.Pendidikan ilmu pengetahuan. Yogyakarta: UNY Press.

Dimyati dan Mudjiono.(2002). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala.(2010). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono.(1992). Belajar dan pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i1.43

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.