Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Class-Wide Peer Tutoring Dilihat Dari Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X di Sma Swasta Katolik St. John Paul II Maumere

Monalita Krisyanti Bang, Yohanes Boli Tematan, Yohanes Nong Bunga

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Class-Wide Peer Tutoring dilihat dari aktivitas dan hasil belajar kognitif pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X SMAS Katolik St. John Paul II Maumere. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Sampel ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA2 sebagai kelas eksperimen dan X IPA1¬ sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengukur aktifitas dan tes hasil belajar siswa dalam bentuk soal pilihan ganda. Instrument ini telah dilakukan pengujian validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil analisis data observasi aktifitas belajar siswa menunjukan bahwa rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 3,45 sedangkan kelas kontrol sebesar 2,26. Hasil uji t menunjukan bahwa 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Class-Peer Tutoring efektif dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa kelas X SMAS Katolik St. John Paul II Maumere.

Kata Kunci: Aktifitas; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring


Keywords


Aktifitas; Hasil Belajar; Model Pembelajaran Class-Wide Peer Tutoring

References


Aprida, dkk. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Kesehatan.

Arikunto, S. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara

Imaningtyas, S.A. 2016. Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Erlangga

Irnaningtyas. 2016. Biologi untuk SMA/MA kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Penerbit Erlangga

Kemendikbud. 2016. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar pendidikan dan menengah . Jakarta: Kemendikbud

Munawaroh, L., Pantiwati Y., dan Rifieq, A. 2015. Pengunaan Jurnal belajar dalam Pembelajaran Class Wide Peet Tutoring Terhadap Kemampuan Berpikir Kristis Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Vol. 1 (3): 263-273

Rohana, W.I. 2017. Pengaruh Metode Classwide Peer Tutoring Didukung Media Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Menjelaskan Pesawat Sederhana. Jurnal Simki-Pedagogia. Vol. 1 (4): 2-9

Sani, A. R. 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif-kualitatif-R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sudjana N. 2015. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widoyoko, E. P. 2018. Penelitian Hasil Belajar di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i3.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.