Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Gerak SMAS St. Petrus Kewapante.

Aprianus Pani Pili, Sukarman Hadi Jaya Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelalajan kooperatif tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas satu siklus dengan dua kali pertemuan. Data berupa hasil tes dan observasi akan dianalisis untuk mengetahui tingkat kesuksesan peserta didik Nilai hasil pretes yang diberikan, memperoleh rata-rata 52,25, sedangkan nilai posttes yang diberikan pada akhir pertemuan kedua memperoleh rat-rata 90,5. Nilai keaktifan peserta didik dilihat dari data hasil observasi yang diamati pada saat pelajaran yakni pada pertemuan pertama dengan pertemuan kedua. Dari hasil pengamatan peneliti pada pertemuan pertama memperoleh nilai rata-rata 62,6, pada pertemuan kedua meningkat menjadi 86,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAS St. Petrus Kewapante.

Keywords


Hasil Belajar; Keaktifan; Two Stay Two Stray.

Full Text:

PDF

References


Ainurahman. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta

Arikunto. 2010 Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bali. M.M.E. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Twp Stray dalam Meningkatkan Keaktifian Belajar Matematika. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4, Nomor 1, Maret 2020

Bare, Y., Putra, S. H. J., Bunga, Y. N., Mago, O. Y. T., S, M., & Boli, Y. T. (2021). Implementasi Biology Club I di SMA Karitas Watuneso, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 321–328. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15286

Bare, Y., & Sari, D. R. T. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler. BioEdUIN, 11(1), 8. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077

Fitriyah N. I., E., Purwantoyo E., dan Chasnah. 2012. Efektivitas kooperatif two stay two stray terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Unnes Journal of Biology Education. 1 (2): 2012: 129-135

Hayong, M. S. W., & Putra, S. H. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA Development of Inquiry-Based Students’ Worksheet on Human Reproductive System Subject for 11th Grade Senior High School. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 1(3), 38–49.

Indriyani, (2011) Peningkatan kualitas pembelajaran kooperatif Teknik Two Stay TwoStray pada siswa kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, Jurnal Kependidikan Dasar 1 (2) hal 180-193

Ismawati N., dan Hendarto. N. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (2011) 38-41

Kadiriandi R. dan Ruyadi Y. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sosiologi Di SMA Pasundan 3 Bandung. SOSIETAS, VOL. 7, NO. 2, 2017

Madya, L. M. A 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Guided NoteTaking untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Listrik Otomotif Kelas XI TKR di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi Pendidikan Teknik Otomotif

Megayani, Maulana.2017. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe twostay two stray terhadap hasil belajar siswa pada materiJurnal Bio Educatio, Volume 2, Nomor 2, Oktober 2017

Putra. S.H.J. 2020. Pendekatan Saintifik Berbantukan Media Power Point Pada Materi Protista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bola. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. Volume 12, No 2, Juli 2020

Rachmawati. Y dan Ernawati. T. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, Volume 5 No 1 bulan Maret 2018

Rohmana Q. A., , Widodo N., dan Kapti. L. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Tsts (Two Stay Two Stray) Dipadu Picture & Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Jaringan Hewan Pada Siswa Kelas Xi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 10 Bulan Oktober Tahun 2016

Sahela. T., dan Muhammadi. 2020. Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai . Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020

Sardiman (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Setyowati. Y. E., Relmasira S. C., dan Hardini A T. A. 2019. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Muatan IPA Dengan Menggunakan Model Two Stay Two Stray Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia Volume 2 No 1 Tahun 2019

Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(1), 8.

Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mansur, S., & Bare, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep

Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery

Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere. BIOEDUSCIENCE, 3(2), 84-89. https://doi.org/10.29405/j.bes/3284-893298

Syamsiah. S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv A Sdn Simomulyo 8 Surabaya. JPGSD. Volume 02 Nomor 01 Tahun 2014

Trianto.2009.Mendesain model pembelajaran inovatifprogresif.Jakarta:Kencana

Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran Nuhalitera. Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i2.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.