Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA Pada Materi Sistem Gerak SMAS St. Petrus Kewapante.
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainurahman. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfa Beta
Arikunto. 2010 Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Bali. M.M.E. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Twp Stray dalam Meningkatkan Keaktifian Belajar Matematika. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 4, Nomor 1, Maret 2020
Bare, Y., Putra, S. H. J., Bunga, Y. N., Mago, O. Y. T., S, M., & Boli, Y. T. (2021). Implementasi Biology Club I di SMA Karitas Watuneso, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 321–328. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15286
Bare, Y., & Sari, D. R. T. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler. BioEdUIN, 11(1), 8. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077
Fitriyah N. I., E., Purwantoyo E., dan Chasnah. 2012. Efektivitas kooperatif two stay two stray terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Unnes Journal of Biology Education. 1 (2): 2012: 129-135
Hayong, M. S. W., & Putra, S. H. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA Development of Inquiry-Based Students’ Worksheet on Human Reproductive System Subject for 11th Grade Senior High School. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 1(3), 38–49.
Indriyani, (2011) Peningkatan kualitas pembelajaran kooperatif Teknik Two Stay TwoStray pada siswa kelas IV SD Tambakaji 05 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, Jurnal Kependidikan Dasar 1 (2) hal 180-193
Ismawati N., dan Hendarto. N. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7 (2011) 38-41
Kadiriandi R. dan Ruyadi Y. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Sosiologi Di SMA Pasundan 3 Bandung. SOSIETAS, VOL. 7, NO. 2, 2017
Madya, L. M. A 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Guided NoteTaking untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Listrik Otomotif Kelas XI TKR di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi Pendidikan Teknik Otomotif
Megayani, Maulana.2017. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe twostay two stray terhadap hasil belajar siswa pada materiJurnal Bio Educatio, Volume 2, Nomor 2, Oktober 2017
Putra. S.H.J. 2020. Pendekatan Saintifik Berbantukan Media Power Point Pada Materi Protista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Bola. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio. Volume 12, No 2, Juli 2020
Rachmawati. Y dan Ernawati. T. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, Volume 5 No 1 bulan Maret 2018
Rohmana Q. A., , Widodo N., dan Kapti. L. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Tsts (Two Stay Two Stray) Dipadu Picture & Picture Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Jaringan Hewan Pada Siswa Kelas Xi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 10 Bulan Oktober Tahun 2016
Sahela. T., dan Muhammadi. 2020. Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai . Volume 4 Nomor 2 Tahun 2020
Sardiman (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Setyowati. Y. E., Relmasira S. C., dan Hardini A T. A. 2019. Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Muatan IPA Dengan Menggunakan Model Two Stay Two Stray Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia Volume 2 No 1 Tahun 2019
Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(1), 8.
Sudjana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mansur, S., & Bare, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep
Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery
Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere. BIOEDUSCIENCE, 3(2), 84-89. https://doi.org/10.29405/j.bes/3284-893298
Syamsiah. S. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv A Sdn Simomulyo 8 Surabaya. JPGSD. Volume 02 Nomor 01 Tahun 2014
Trianto.2009.Mendesain model pembelajaran inovatifprogresif.Jakarta:Kencana
Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran Nuhalitera. Yogyakarta
DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i2.39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.