Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere

Lusia Katarina Nona Ertin, Yohanes Nong Bunga, Rofinus Galis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa. Hasil observasi di SMA Negeri 2 Maumere diperoleh bahwa sebagian siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk desain berupa Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini, yaitu siswa kelas X SMA Negeri 2 Maumere tahun pelajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas X IPA1 dan kelas X IPA2 SMA Negeri 2 Maumere. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata persentase keaktifan siswa sebesar 78,55%. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa dengan rata-rata persentase keaktifan sebesar 73,55%. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dengan nilai rata-rata Posttest sebesar 74,80%. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan nilai rata-rata Posttest sebesar 65,96%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw berpengaruh secara signifikan terhadap keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa pada materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Maumere.

Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif; Jigsaw; Keaktifan; Numbered Head Together


Keywords


Hasil Belajar Kognitif, Jigsaw, Keaktifan, Numbered Head Together.

References


Eva, K, W. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto. JUPE. Vol. 6 (2) : 42-47

Juwaeriah S, Muhyani, & Ikhtino G. 2017. Pengaruh Penggunaan Model Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Tema Udara Bersih Bagi Kesehatan. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa. Vol. 6 (1) : 55-69

Kartika, E, W. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS SMA Negeri 1 Bangsal Mojokerto. JUPE. Vol. 6 (2): 42-47

Kurniasih. 2017. Pengaruh Pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS di SMA Katolik ST Thomas Aquino. Jurnal Online STKIP PGRI Tulungagung. Vol. 1(2) : 15 – 35

Lie. 2002. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Menerapkan Strategi Team Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD N 4 Virgo Maria Ambarawa. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana. Semarang.

Lufri. 2009. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Lintas Minat Tentang Materi Sistem Reproduksi Pada Manusia Kelas XI IPS. Bioeducation Journal. Vol. 3. (1) : 2715-4866

Marning & Lucking. 1991. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Jimbaran, Kuta Selatan. E-Journal Program Pascasarjana. Vol. 4 (05) : 1-10

Mulyasa. 2002. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO).Vol. 1 (2) : 128-139.

Rahayu. 2018. Analisis Model Pembelajaran Number Head Together Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol. 9 (1) : 154-168

Rauf, A., Hala, Y, & Taiyeb, M, A. 2017. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watampone. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol. 5 (1) : 46-54

Rusman. 2008.Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Jigsaw dan GI (Group Investigation) Ditinjau dari Kreativitas dan Sikap Ilmiah Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri. Vol. 5 (3): 40-48

Sari, J, Bahar, A, & Handayani, D. 2017. Studi Komparasi antara Model Pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia. Vol. 1 (1) : 60-65.

Silalahi, RR & Hasruddin. 2016. Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol. 4 (2) : 053-060.

Sinulingga & Batubara. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learningdan Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Santa Maria Maumere. Spizaetus : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. Vol. 1 (2) : 40-52

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.

Susanti, I. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di Mts Muhamadiyah 2 Palembang. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Utami, R., Sinaga, E., & Dongoran, H. 2017. Perbedaan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan NHT pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Jurnal Pelita Pendidikan. Vol. 6 (3) : 156-166.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i3.38

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.