Pengembangan LKPD Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Maumere.

Fransiska Aurelia Yusvin, Yohanes Nong Bunga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pedekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi struktur jaringan tumbuhan yang dikembangkan, mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD hasil pengembangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D. Prosedur yang diadaptasi meliputi 4 tahap: (1) Define, (2) Design, (3) Develop, dan (4) Disseminate. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini merupakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kelayakan LKPD dilihat dari hasil penilaian validator, yaitu memperoleh nilai 192 yang temasuk dalam kategori sangat baik. Kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu sebesar 70 % dengan kategori cukup kritis, berdasarkan skor pretest-postest diperoleh gain score sebesar 0,6yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 66 % dari kategori sangat kurang menjadi baik. Oleh karena itu lembar kerja peserta didik pada materi struktur jaringan tumbuhan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Kata Kunci: Berpikir Kritis, CTL, Hasil Belajar, Lembar Kerja Peserta Didik.


Keywords


Berpikir Kritis, CTL, Hasil Belajar, Lembar Kerja Peserta Didik.

References


Annafi, N. (2015). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Jurnal Inkuiri, 4(3), 8.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Rajawali Press.

Bahri, S., Syamsuri, I., & Mahanal, S. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Dan Virus Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Untuk Siswa Kelas X SMAN 1 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 10.

Bare, Y., Putra, S. H. J., Bunga, Y. N., Mago, O. Y. T., S, M., & Boli, Y. T. (2021). Implementasi Biology Club I di SMA Karitas Watuneso, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 321–328. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15286

Bare, Y., & Sari, D. R. T. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Inkuiri Pada Materi Interaksi Molekuler. BioEdUIN, 11(1), 8. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i1.12077

Br. Sitorus, A. O., Kasrina, K., & Ansori, I. (2019). Pengembangan LKPD Berdasarkan Tanaman Obat Suku Pekal. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 3(2), 185–194. https://doi.org/10.33369/diklabio.3.2.185-194

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Hayong, M. S. W., & Putra, S. H. J. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA Development of Inquiry-Based Students’ Worksheet on Human Reproductive System Subject for 11th Grade Senior High School. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 1(3), 38–49.

Huda. 2010. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya.

Ndia, F. X., Mago, O. Y. T., & Bare, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kooperatif Tipe Jigsaw Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII SMP. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 13(2), 24–30. https://doi.org/10.25134/quagga.v13i2.4011

Probowati, A & Tenser. A, Maslikah. S. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Rejotangan Tulungagung. Jurnal Pendidikan Biologi 1 (1) :2-6.

Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(1), 8.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Widoyoko, E. P. 2014. Penilaian Hasil Belajar Disekolah. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i3.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.