Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara.
Babang, M. P. I. (2020). Penyusunan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Web pada Materi Animalia Sub Materi Nematoda dan Annelida bagi Siswa SMA Kelas X. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 1(3), 19–22.
Bare, Y., Putra, S. H. J., Bunga, Y. N., Mago, O. Y. T., S, M., & Boli, Y. T. (2021). Implementasi Biology Club I di SMA Karitas Watuneso, Kecamatan Lio Timur, Kabupaten Ende. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 321–328. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15286
Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Iwan, Wambrauw, H. L., & Fidmatan, S. S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas XA Di SMA Yapis Manokwari. Pancaran, 5(1), 12.
Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(1), 5.
Mansur, S., & Bare, Y. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup dengan Model Discovery Learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere. BIOEDUSCIENCE, 3(2), 84-89. https://doi.org/10.29405/j.bes/3284-893298
Siregar, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Visual Siswa pada Konsep Sistem Indra. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 3(2), 100. https://doi.org/10.22373/biotik.v3i2.999
Sudjana. (2011). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sukadewi, N. K. A., & Sumaryani, N. P. (2016). The Effect of Talking Stick Learning Model Assisted by Mind Map on Learning Outcomes Biology. Jurnal EMASAINS, 5(1).
Wijayanti, T. S. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi dengan Penerapan Model Pembelajaran Talking Stik di Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3(1), 7.
DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v2i1.30
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.