Analisis Kategori Literasi Sains pada Buku Siswa IPA Terpadu SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 Kurikulum 2013

Idah Hamidah, Anilia Ratnasari, Surinah Surinah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tingkat literasi sains pada buku siswa SMP/MTs kelas VIII semester 1 pada kurikulum 2013 yang meliputi Sains sebagai batang tubuh, sains sebagai cara berfikir, sains sebagai cara menyelidiki dan Interaksi sains, teknologi dan masyarakat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif untuk memahami literasi sains dengan metode analisis isi, Penelitian ini akan menggunakan teknik purposive sampling pada buku IPA yang digunakan dikabupaten Indramayu, penentuan bab yang akan dianalisis pada buku menggunakan teknik random. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa tingkat literasi ilmiah buku siswa IPA SMP/MTs kelas VIII yang digunakan di Kabupaten Indramayu cukup baik sesuai dengan kriteria penilaian. Dimensi literasi sains yang banyak muncul pada buku teks pelajaran IPA yang dianalisis adalah sains sebagai batang tubuh pengetahuan, diikuti sains sebagai jalan investigasi, sains sebagai jalan berpikir dan sains dan interaksinya dengan teknologi dan masyarakat.

Keywords


Analisis buku; IPA Terpadu; Literasi Sains; SMP/MTs

Full Text:

PDF

References


Abdulkarim, A. “Analisis Isi Buku Teks Dan Implikasinya Dalam Membedakan Keterampilan Berfikir Siswa”. Jurnal Forum Pendidikan. Vol 23, No 2, pp. 118-132. 2007

Adisendjaja, Y. H. “Analisis Buku Biologi SMA kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains”. Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UPI. Bandung. Tidak diterbitkan. 2019

Chiapetta, Eugene. L. “A Method to Quantify Major Themes Of Scientific Literacy in Science Textbooks”. Journal Of Research In Science Teaching.Vol. 28, No 8, p713-25, 1991

Chiappetta EL & DA Filman. “Analysis of five high school biology textbooks used in the united states for inclusion of the nature of science”. International Journal of Science Education.Vol. 29,No. 15, p1847-1848, 2014

Chiapetta EL & TR Koballa. “Science Instruction In the middle And Secondary School : Developing Fundamental Knowlage And Skill”. United State Of America : Pearson Education Inc. 2010

Hamidah,I. “Pengembangan Bahan Ajar Sub Bab Antioksidan Berbasis Kajian Pola Konsumsi Masyarakat Pesisir Indramayu”. Journal of Innovative Science Education, vol. 6. No. 1,p59-65, 2017

Hamidah, I. “Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Siswa”. Wacana Didaktika, vol. 3, No. 3, p35-42, 2017

Lissa. “Penggunaan Media Kunci Determinasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Hewan Di SMA Negeri 1 Sindang”. Jurnal Mangifera Edu, Vol. 2, No. 2, p71-78, 2018

Luzyawati, L., dan Hidayah, H. “Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Sistem Ekskresi Melalui Penugasan Peta Konsep”. Jurnal Mangifera Edu, Vol. 3, No. 2,p72-87, 2019

Nur’aini, D. Rahardjo, S.B. & Susanti, V. H. E. “Student ’ s profile about science literacy in Surakarta”. Journal of Physics: Conf. Series 1022 01206, 1–6. 2018

Ovita, T. dkk. Skripsi. Pengembangan Media Pembelajaran Blog Berorientasi Literasi Sains Pada Sub MateriI Perpindahan Kalor. FMIPA Universitas Negeri Surabaya. 2014

Ratnasari, A. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa Pada Pembelajaran Sistem Ekskresi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 1-11, 2019

Rohayati, Tika. Skripsi. Pengaruh Pembelajaran Interaktif Demonstrasi Terhadap Peningkatan Literasi Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa SMP Pada Materi Transfortasi Padaa Tumbuhan. Universitas Pendidikan Indonesia. 2013

Sholiha, S. Skripsi. Analis Aspek Literasi Sains Pada Buku Teks Pelajaran IPA Kelas V SD. PGSD Universitas Pasundan. 2017

Sumini dan Ratnasri, A. (2019). Analisis Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Ekskresi Berdasarkan Literasi Sains. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Sains Departemen Pendidikan Matematika dan Pendidikan Biologi FKIP Universitas Wiralodra, 137-144 , 2019




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v1i3.21

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.