Penyusunan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Web pada Materi Animalia Sub Materi Nematoda dan Annelida bagi Siswa SMA Kelas X

Maria Patrisia Ivonie Babang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk pembelajaran biologi berbasis web dengan situs www.nematoda-annelida.com. Dari web pembelajaran Biologi yang disusun ini diharapkan dapat membantu siswa untuk memperoleh sumber belajar yang berkualitas. Penelitian ini merupakan sebuah langkah awal dari penelitian dan pengembangan (research and development). Penysunan website ini dilakukan melalui tahap: pendahuluan, pengembangan, produksi, kemudian divalidasi oleh ahli materi dan media. Subyek penelitian adalah siswa SMA kelas X yang sedang menempuh materi Animalia dengan data yang diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian dari ahli media adalah sangat baik dengan rerata skor 4,51. Sedangkan persepsi siswa terhadap web ini adalah sangat tinggi dengan rerata skor 3,27.

Keywords


Animalia; Annelida; Nematoda; Penyusunan, Web

Full Text:

PDF

References


Gufron, Anik, Widyastuti Purbani dan Sri Sumarningsih. 2007. Panduan Penelitian dan Pengembangan. Yogyakarta : Lembaga Penelitian UNY.

Borg, W.R dan Meredith Damien Gall.1983. Educational research An Introduction. Fourth edition. New York : Longman.

Kuswanto, Joko. 2018. Media Pembelajaran Berbasis Web pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X. Malang : IKIP Budi Utomo Malang

Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. 2003 .Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Biologi. Jakarta: Depdiknas.

Yusuf, Taufika. 2008. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Kesehatan Sekolah untuk Mahasiswa PJKR FIK UNY. Yogyakarta : FIK UNY




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v1i3.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi published by Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.