Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Santa Maria Maumere

Susana Lawi, Sukarman Hadi Jaya Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan kooperatif tipe Number Head Together terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Santa Maria Maumere Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah true experimental design dengan desain yang digunakan Pretest – Post test Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning yaitu 0,05 (0,000 < 0,05) dan Number Head Together 0,05 (0,000 < 0,05) terhadap keterampilan proses sains. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together tidak memiliki perbedaan yang singnifikan pada hasil belajar kognitif yaitu 0,125 > 0,05 dan keterampilan proses sains 1,9. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan Number Head Together terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif.

Kata Kunci: Problem Based Learning, Number Head Together, Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Rahmawati, A. dkk. 2014. Statistika Teori dan Praktek Edisi II. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. Yogyakarta.

Anggraeni, M.D dan Sole, B.F. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Ilmiah Sains Siswa Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA).

Arikunto, S. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Emrisena A. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Basde Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Diinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Lampung.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning : Mengembangkan kemampuan belajar kelompok. Bandung; Alfabeta

Koestiningsih, Noer. 2010. Perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan strategi problem based learning (PBL) dan konvensional siswa kelas X di SMKN 1 Blitar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lie, A. 2008. Mempraktikan Cooperatif Learning di Ruang-ruang Kelas. Jakarta Gramedia.

Mely Cholifatl Janah, Antonius Tri Widodo dan Kasmui Kasmui. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 12. No.1 : 2097-2107

Mukroni, (2017). Pengaruh Kualitas Pembelajaran Guru Ekonomi Terhadap Kepuasan Siswa Di SMA Negri 2 Sentajo Raya. Pekbis Jurnal, Vol. 9, No.2 : 140-150.

Mulyana. Ddk. (2016). Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Sosial Budaya. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1 : 331-340

Nahar, N. I. 2016. Penerapan Teori Belajar Behaviorostik dalam Proses Pembelajaraan Nusantara Jurnal Ilmu Pengetahuan, Volume 1 :64-74

Novita Lisa Dwi Ayu Gusti, Sudana N.D dan Putu Nanci Riastini. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V SD Di Gugus IV Diponegoro Kecamatan Mendoto. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol : 2. No.1 : 1-11.

Pangestu. A. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Pratikum Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung

Permendikbud No. 65 Tahun 2013. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Delia Perss. Jakarta

Putri Oktaviani dan Nasrudin.H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Pesrta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI Man Kota Mojokerto. Unesa Journal Of Chemical Education. Vol.7. No.3 : 340-343

Rusmiyati, A dan Yulianto, A (2009). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based-Inctruction. Jurnal Pendidikan Fisika : 75-78

Rustaman, N.Y (2005). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press.

Sari, NA dan Harahap, N. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di Kleas XI-PMS SMA Negri 1 Binjai Tahun Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pelita Pendidikan Vol.3. No.3 : 29-39

Semiawan, C. (1992) Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: PT. Gramedia Widiasaran Indonesia.

Sinulingga, K dan Batubara, F. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Inpafi. Vol.2. No.2 : 49-54.

Sugyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media

Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanti, I. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di Mts Muhamadiyah 2 Palembang. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta-Indonesia

Tyas, K.T, Tri Jalmo dan Rini R.M., 2015. “Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Aktivitas Belajar Siswa”. Pendidikan biologi, FKIP Universitas Lampung 2015. pp 20-38.

Wenno. I.H. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta: Inti Media.

Wirandana, Eri dan Adirestu, F. 2016. Pengaruh Self-Efficacy Guru Dan Kreatifitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Implikasinya Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Social Science Education Journal, 3 (2), 158-165.

Yorisno, Florianus. 2013. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) 1. Siswa Kelas 4 SDN Randuacir 02 Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Salatiga: UKSW Salatiga.




DOI: http://dx.doi.org/10.55241/spibio.v1i2.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi * Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan * Universitas Nusa Nipa * Maumere is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.